Home / Berita Sumut / Bupati Madina Raih Penghargaan Tokoh Peduli Anak

Bupati Madina Raih Penghargaan Tokoh Peduli Anak

MEDAN (Mandailing Online) – Bupati Mandailing Natal (Madina) HM Jafar Sukhairi Nasution menerima penghargaan Tokoh Peduli Anak dari Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) di Hotel Madani, Medan, Sumatera Utara, Kamis (8/9). Kegiatan Open Ceremony Forum Nasional Perlindungan Anak ke- V ini dihadiri Ketua Umum Komnas PA Republik Indonesia, Arist Merdeka Sirait, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati.
Menteri PPPA RI dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang telah aktif melaporkan permasalahan yang dialami perempuan dan anak. I Gusti Ayu menjelaskan, Indonesia merupakan surga wisata sehingga kehadiran pariwisata membawa dampak positif bagi perekonomian apabila dipandang dari sisi positif.
Namun, dari sisi negatif, kata Ayu, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai salah satunya kerentanan anak untuk mendapatkan kekerasan maupun eksploitasi hal ini didukung dengan hasil penelitian daripada ekspat bekerja sama dengan Kementerian PPPA.
“Contohnya eksploitasi sosial. Makanya menjadi sangat penting tema yang diangkat pada forum nasional perlindungan anak ini, maka dari itu, upaya perlindungan khusus anak dalam sektor pariwisata menjadi penting apalagi anak merupakan bibit unggul penopang kesejahteraan bangsa kita di masa depan yang saat ini jumlahnya mengisi sepertiga dari populasi Indonesia,” katanya.
Sementara Ketua Umum Komnas PA RI, Arist Merdeka mengapresiasi kinerja Kapolda Sumut, Irjen Panca dalam menurunkan angka kekerasan terhadap anak di Sumut sejak menjabat sebagai Toba I (Kapolda). “Yang saya katakan ini adalah fakta, bukan karena Bapak hadir di sini, tetapi komitmen Kapolda di Komisi VIII DPR RI untuk sama-sama menyelamatkan anak-anak khususnya di Sumut,” katanya.
Arist juga mengapresiasi Gubernur Sumut dan Bupati Madina beserta jajaran yang telah berupaya maksimal dalam memberikan pertolongan terhadap anak yang menjadi korban Stunting.
Bupati Madina HM Ja’far Sukhairi Nasution mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PPPA, Komnas PA dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara atas penghargaan yang diberikan kepadanya sebagai tokoh peduli anak.
Sukhairi berkomitmen menjaga nama baik tersebut dan meminta seluruh pejabat di jajaran Pemkab Madina terus melakukan upaya maksimal dalam menjalankan tugas sesuai wewenang masing-masing dengan sebaik mungkin.
Peliput: Roy Adam

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.