Home / Berita Nasional / Dahlan Iskan: Genset Sewaan Operasi Bertahap

Dahlan Iskan: Genset Sewaan Operasi Bertahap

JAKARTA (Mandailing Online) – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menuturkan bahwa krisis pasokan listrik di Sumatera Utara dan sekitarnya akan segera teratasi. Sebab genset yang disewa oleh PLN sudah tiba di Medan.

“Genset sudah sampai di Paya Pasir di Medan, di situ banyak pembangkit listrik PLTG dan PLTD dan sekarang sedang dipasang 75 MW. Tiga mingguan lah akan selesai,” ucap Dahlan di Gedung Bank Mandiri Pusat, Jakarta, Kamis (17/10).

Dijelaskan, selama pembangkit listrik yang rusak belum selesai, PLN akan menggunakan genset untuk menutupi kekurangan pasokan listrik di sana. Dahlan menambahkan genset tersebut akan menyala secara bertahap.

Untuk tahap awal akan menyalurkan kekuatan sebanyak 30 MW, minggu depannya disalurkan sebanyak 45 MW dan terakhir akan ditambah 75 MW.

“Sehingga nanti jadi 150 MW semuanya. Itu bisa mengurangi krisis listrik di Sumatera Utara hingga 75 persen lah. Untuk wilayah Sumatera Barat juga akan didatangkan genset yang menghasilkan listrik hingga 50 MW,” katanya.

Sementara, untuk pembangkit listrik di wilayah Sibolga I dan Sibolga II kata Dahlan, akan selesai diperbaiki akhir bulan November. Masing-masing gardu tersebut berkekuatan 80 MW, diikuti dengan perbaikan gardu berkekuatan 160 MW di wilayah Ombilin pada November 2013.

“Jadi perhitungannya bulan November selesai krisis listriknya, karena pembangunan pembangkit Teluk Sirih juga akan selesai di bulan November dan kalau di Ombilin selesai, Riau juga akan selesai, Teluk Sirih selesai, Sumatera juga akan selesai, Sibolga selesai, Medan juga akan selesai,” pungkas Dirut PLN ini. (jpnn)

Comments

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: