Home / Ekonomi / Harga Karet Alam Naik Tipis di Panyabungan

Harga Karet Alam Naik Tipis di Panyabungan

Penyadap karet alam (ilustrasi)

PANYABUNGAN (Mandailing Online) Harga karet alam di Panyabungan, Mandailing Natal, Kamis (11/2/2021) naik tipis dari pekan lalu.

“Naiknya 100 hingga 200 Rupiah lah perkilo,” ungkap Nairas petani dari Desa Gunung Tua Julu menjawab Mandailing Online.

Lokasi penjualan karet alam di pasar Gunung Tua dibuka tiap hari Kamis atau sekali dalam sepekan.

Harga mencapai 9.000 ribu hingga  9.500 per kg untuk karet dari pokok non okulasi. Naik dibanding Kamis lalu yang masih dikisaran 8.800 Rupiah hingga 9.400 Rupiah per kg.

“Moga terus naiklah harapan kami,” ujar petani lain marga Lubis.

Mayoritas petani penyadap karet alam di Panyabungan mengangkat getah dari tempurung penampung sekali dalam sepekan.

Kenaikan ini ditengarai akibat naiknya harga di pasaran dunia dalam sepekan terakhir.

Harga karet bertambah mahal pada perdagangan bursa komoditas internasional hari Selasa (9/2/2021) seiring rally harga minyak mentah dan ekspektasi peningkatan demand karet dunia, dilansir Vibiznews edisi Selasa lalu.

Harga karet SHFE yang paling melaju ke posisi tertinggi 7 pekan, sedangkan karet Tocom (Tokyo Commodity Exchange)

dan Sicom (Singapore Commodity Exchange naik ke tertinggi 4 pekan. 

Rally harga minyak mentah di bursa komoditas berjangka masih berlanjut untuk hari ketujuh berturut. Harga minyak naik ke level tertinggi dalam 13 bulan dengan minyak mentah WTI sekitar $58,38 per barel dan Brent sekitar $61,09 per barel karena harapan pemulihan ekonomi yang kuat akan berlanjut menyusul peningkatan berkelanjutan dalam upaya vaksinasi Covid-19 secara global.

Dari sisi demand , Asosiasi Negara Produsen Karet Alam (ANRPC) memperkirakan konsumsi global karet alam pada periode bulan Januari meningkat 15,5% satu tahun menjadi 1,17 juta ton. Hal itu terlihat dari permintaan produsen ban India sebagai negara konsumen terbesar kedua setelah China.

Untuk harga karet Tocom di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai yaitu kontrak bulan Juli 2021 pada penutupan sore hari naik 1,7 yen atau 0,70%  ke posisi 244.9 yen per kg, tertinggi sejak 8 Januari. Sempat ke posisi tinggi 246,3 yen per kg setelah dibuka pada posisi 244.0.   

Harga karet di bursa Shanghai (SHFE), khusus untuk kontrak bulan Mei 2021 ditutup menguat 25 poin atau 0,12% ke posisi 14855 Yuan, tertinggi sejak 21 Desember 2020. Untuk harga karet di bursa Singapura – Sicom,  kontrak yang sedang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Mei 2021  ditutup menguat US$0,4 atau 0,25% dari harga sesi sebelumnya ke posisi 165,2, tertinggi sejak 7 Januari.

Peliput : Dahlan Batubara
Sumber tambahan : Vibiznews

Comments

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: