Home / Budaya / Ini Dia 5 Masakan Khas Mandailing

Ini Dia 5 Masakan Khas Mandailing

Oleh: Ocha Lubis

Kalau bicara tentang makanan, emang ga ada habisnya. Apalagi makanan tradisional khas Indonesia, pasti membuat kamu tergoda untuk segera mencicipinya. Seperti halnya dengan makanan khas yang unik dari salah satu suku di Provinsi Sumatera yaitu Mandailing. Penasaran gimana sih makanan khas dari Suku Mandailing ini? Yuk kita lihat di bawah ini.

1. Ihan Sale

Gulai ihan sale (foto: infokuliner.com)

Makanan yang pertama ini namanya adalah gulai ikan sale. Yang menjadi khas dari makanan ini adalah dari ikan yang digunakan. Ikan yang digunakan pada umumnya adalah ikan sungai yang terlebih dahulu diasapin hingga kering.

2. Gule Bulung Gadung

Gule Bulung Gadung (foto: MasakApaYa.com)

Dalam bahasa Indonesia bulung gadung artinya adalah daun singkong. Di sini cara pengolahannya adalah daun singkong ditumbuk hingga halus dengan rempah-rempah seperti bawang, kunyit, jahe dan lainnya. Selanjutnya ditambahkan santan. Rasanya dijamin lezat dan bikin nagih.

3. Pangkat

Pangkat (Foto:voinews.com)

Pangkat atau pucuk rotan, biasanya makanan ini banyak di jual di sepanjang jalan Kota Medan saat bulan puasa. Makanan inipun diolah sangat mudah. Cukup dibakar dan dimakan dengan sambal cabe mentah. Rasa pahit dan pekat dari pucuk rotan inilah yang membuat para penikmatnya ketagihan untuk terus memakannya.

4. Sambal Kantori Joruk

Sambal Kantori Joruk (foto: ondosidimpuan)

Sambal yang satu ini adalah makan khas suku mandailing yang benar-benar unik. Sambal kantori joruk ini adalah sambal yang bahan utamanya adalah teri dan durian. Cara memasak makanan ini sama seperti cara memasak sambal teri pada umumnya, bedanya di sini ditambahkan buah durian yang sudah difermentasikan.

5. Asompode

Asompode (foto: ondosidimpuan)

Berikutnya ada gule asam pade. Gule ini terbuat dari ikan jenis apa saja yang dimasak dengan bumbu-bumbu khas mandailing tanpa menggunakan santan melainkan menggunakan air biasa. Rasa pedas dan asam merupakan ciri khas gule ini sehingga menghasilkan rasa gurih di lidah.

Itulah 5 makanan khas Suku Mandailing yang bisa bikin kamu tergoda saat mencicipinya.Gimana, tertarik tidak untuk mencicipinya? Dijamin deh bakan ketagihan.

Sumber: idntimes
Editor: Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: