Home / Seputar Madina / Kaderisasi DPP IMMAN Usung Tema “Tranformasi Gerakan untuk Generasi Kritis dan Militan”

Kaderisasi DPP IMMAN Usung Tema “Tranformasi Gerakan untuk Generasi Kritis dan Militan”

PADANGSIDIMPUAN (Mandailing Online) – Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Mandailing Natal (DPP IMMAN) menggelar Latihan Kaderisasi Dasar (LKD) gelombang I dengan mengusung tema “Transformasi Gerakan untuk Generasi Kritis dan Militan” di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Padangsidimpuan, Jl. Tengku Rizal Nurdin, Pal-IV, Padangsidimpuan, Sumut.

LkD ini diikuti oleh 72 orang dan berlangsung selama 2 (dua) hari, Sabtu-Minggu (8-9/10), dengan pemateri senior atau alumni IMMAN, dosen, praktisi, aktivis, Polri, dan pejabat pemerintahan. Topik yang disampaikan terangkum dalam silabus baku organisasi.

Ketua Panitia M. Alwi Siregar menerangkan, penerimaan anggota baru (Pataru) fokus pada mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syahada Padangsidimpuan dan tergabung dalam Komisariat IMMAN.

Ketua Umum DPP IMMAN Miftahul Khoir menerangkan, kaderisasi merupakan kegiatan rutin yang termaktub dalam program kerja organisasi. “Kegiatan ini guna meningkatkan kualitas dan kuantitas organisasi,” ujarnya.

Secara terpisah, Ketua MPO (Majelis Pertimbangan Organisasi) IMMAN Al-Hasan Nasution menyatakan tugas mahasiswa bukan hanya belajar di kampus, tapi harus dibarengi belajar keorganisasian untuk bekal meraih cita-cita masa depan. “Tentu pintu gerbang untuk masuk organisasi yang bernafaskan intlektualisme harus melewati kaderisasi baik secara formal maupun informal,” terangnya.

Al Hasan mengungkapkan, kaderisasi adalah roh organisasi yang bertransformasi menjadi gerakan responsif dan agresif. “Mahasiswa jangan hanya D3 (datang, duduk dan diam) di kampus. Harus lebih peka dan solutif menyikapi persoalan, baik internal dan eksternal kampus,” tutup mantan Presiden Mahasiswa STAIN Padangsidimpuan ini.

 

Peliput: Roy Adam

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.