Home / Berita Nasional / Kapolri : Pengamanan Pemudik Menjadi Prioritas Polri

Kapolri : Pengamanan Pemudik Menjadi Prioritas Polri


Semarang,
Kapolri Jenderal Timur Pradopo menyatakan pengamanan pemudik pada Lebaran 2011 menjadi prioritas seluruh jajaran Polri.
“Pengamanan pemudik menjadi prioritas, dan kami telah melakukan berbagai antisipasi berkaitan dengan kemungkinan adanya gangguan keamanan terhadap pemudik,” kata Kapolri di sela kunjungan pengecekan kesiapan pelayanan mudik Lebaran 2011 di Stasiun Tawang Semarang bersama Menteri Perhubungan Freddy Numberi dan rombongan, Sabtu.

Kapolri mengatakan pemudik yang menggunakan kereta api juga mendapat perhatian khusus dari pihaknya terhadap kemungkinan adanya sabotase dan terorisme yang dilakukan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kapolri mengatakan wilayah Jawa Tengah merupakan titik lelah bagi pemudik, terutama yang menempuh perjalanan melalui jalur darat, sehingga rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Oleh karena itu, pemudik yang kelelahan diharapkan beristirahat di sejumlah tempat istirahat yang telah disediakan pemerintah di jalur mudik,” ujar Kapolri didampingi Kapolda Jateng Irjen Didiek Sutomo Triwidodo.

Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengatakan, secara keseluruhan kesiapan menghadapi arus mudik Lebaran di Jateng sudah cukup baik.

“Berdasarkan laporan yang saya terima, kesiapan menghadapi arus mudik di jalur pantai utara Jateng sudah cukup baik dan mudah-mudahan semuanya berjalan lancar,” katanya.

Menhub mengharapkan masyarakat ikut berpartisipasi dalam melakukan pengamanan, baik pada arus mudik, Lebaran, dan arus balik sehingga semuanya dapat berjalan aman dan tertib.

Terkait dengan meningkatnya jumlah pemudik bersepeda motor, Freddy mengaku akan mengupayakan pemudik diangkut dengan menggunakan bus dan kereta api sebagai upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Saat berada di Stasiun Tawang Semarang, Kapolri dan Menhub beserta rombongan mengunjungi pos pengamanan Operasi Ketupat Candi 2011 Polrestabes Semarang dan posko terpadu pengendali operasional angkutan Lebaran.

Selanjutnya, Kapolri dan Menhub juga mengecek kesiapan mudik Lebaran 2011 di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan jalan tol Semarang-Solo penggalan Kota Semarang hingga Ungaran yang baru dibuka oleh Gubernur Jateng Bibit Waluyo pada Sabtu (20/8) pagi.(Ant)
Sumber : analisadaily.com

Comments

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: