Home / Berita Nasional / Kemenag: Idul Adha 24 September 2015

Kemenag: Idul Adha 24 September 2015

JAKARTA– Pemerintah melalui Kementerian Agama memastikan 1 Zulhijah 1436 Hijriyah jatuh pada Selasa 15 September 2015. Hal ini sekaligus menegaskan perayaan Iduladha jatuh pada Kamis 24 September 2015.

Menurut Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Machasin, hal ini setelah mendengarkan rukyat dalam rapat isbat hari ini. “Kita telah mendengarkan rukyat dari seluruh Indonesia. Tidak ada yang bisa melihat hilal. Aceh pun melaporkan tidak melihat juga. Tahun ini dipastikan tanggal 1 Zulhijah hari Selasa. Artinya Iduladha jatuh tanggal 24 September, yaitu hari Kamis,” ujar Machasin di kantornya, Jakarta, Minggu (13/9).

Menurut dia, bagi yang meyakini bahwa 1 Zulhijjah jatuh pada Senin (14/9) yang artinya Idul Adha dilaksanakan pada 23 September, pemerintah memberikan kebebasan. “Bagi yang meyakini 1 Zulhijah jatuhnya besok, kita memberikan kebebasan. Jangan sampai ada paksaan dan tidak perlu dibesar-besarkan,” tegas dia.

Saat ditanya dengan perbedaan itu membuat hari libur bertambah menjadi 2 hari, Machasin menegaskan tidak sama sekali. “Libur nasional itu sudah ditentukan yaitu tanggal 24 September. Jadi ya berbeda, tinggal bagaimana kebijakan kantornya,” pungkas dia. (int)

Comments

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: