Home / Seputar Madina / Kondisi Batahan Sudah Mulai Tenang Pasca Dihantam Puting Beliung

Kondisi Batahan Sudah Mulai Tenang Pasca Dihantam Puting Beliung


Panyabungan, Kondisi kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal usai dihantam puting beliung pada Senin (1/11) sore terlihat sudah mulai tenang dan warga pelaksanakan aktivitas bergotong royong memperbaiki rumah yang rusak dengan swadaya masyarakat.

Salah seorang warga Ramadi kepada wartawan, Selasa (2/11) mengakui puting beliung yang menimpa 4 Desa di Kecamatan Batahan mengakibatkan 80 rumah rusak berat dan ringan.

“Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa hanya saja luka ringan saja, dan saat ini kondisi di Batahan sudah mulai tenang dan sekolah tidak diliburkan meskipun kemarin dihantam puting beliung,” kata Ramadi.

Diungkapkannya, kerusakan rumah akibat puting beliung lebih banyak menghantam atap rumah dan tidak sempat merobohkan rumah. “Kerusakan rumah lebih banyak pada atap rumah saja dan tidak mengakibatkan ataupun merobohkan rumah warga,rumah yang rusak lebih banyak yang berada didekat pantai,dan saat ini kondisi di Batahan sudah mulai tenang tidak seperti awal terjadinya puting beliung warga cukup kaget” kata Ramadi.

Turun ke Lokasi

Mendengar terjadi puting beliung pada Senin ( 1/11) yang menghantam empat desa yang berada di Kecamatan batahan Pejabat Bupati Madina Ir Aspan Sopian Batubara langsung turun ke lokasi.”Pejabat Bupati Madina bersama rombongan saat ini sedang berada di lokasi untuk melihat secara langsung dan berdialog dengan masyarakat,” kata Kabag Humasy Pemkab Madina M.Taufik Lubis saat ikut mendampingi pejabat Bupati.

Disampaikannya kedatangan Bupati ke Batahan bertemu langsung dengan masyarakat untuk memberikan bantuan berupa sembako bagi warga yang terkena puting beliung. “Dan pada kesempatan bertemu dengan masyarakat Bupati meminta agar warga untuk bersabar, dan kejadian ini tidak ada fasilitas umum yang rusak sehingga pelayanan terhadap masyarakat masih lancar,” kata Taufik.

Terjadinya puting beliung kemarin kata Taufik mengakibatkan hampir 80 rumah mengalami kerusakan di antara 41 rumah di Desa Kuala Batahan dan 3 orang warga mengalami luka ringan,Desa Sari Kenangan sebanyak 16 rumah mengalami kerusakan berat dan ringan dan 2 orang mengalami luka ringan, Kelurahan Pasar batahan sebanyak 19 rumah rusak berat dan ringan dan Pasar Baru Batahan.

“Taksasi kerugian warga akibat Puting Beliung ini sebanyak Rp.700 juta,untuk memperbaiki rumah Pemkab Madina akan membantu warga tapi belum diketahui berapa jumlah bantuan yang akan diberikan nanti dan saat ini pejabat Bupati memberikan bantuan sembako serta seng sebanyak 40 Kodi untuk memperbaiki atap rumah warga,” ungkap Taufik. (sah/man)
Sumber : Analisa

Comments

Komentar Anda

%d blogger menyukai ini: