Home / Artikel / Menyedihkan, Pembelajaran Anak  Didik Dimasa Pandemi

Menyedihkan, Pembelajaran Anak  Didik Dimasa Pandemi

Oleh: Nur Fadilah
Mahasiswi STAIN Madina

Dunia ini sedang ditimpa oleh penyakit yang dinamakan covid 19 sehingga dunia pendidikian pun harus meliburkan anak yang sekolah supaya tidak tertular, sekolah pun tidak bisa dijalankan seperti biasanya mereka menyuruh orang-orang untuk tidak mengadakan keramaian dan supaya jangan sampai terkena pada generasi penerus bangsa karena mereka adalah masa depan negeri ini. Banyak tantangan yang harus dihadapi dalam pendidikan di masa pandemi ini. (REFSP.DATa .Kemdikbot.go.id)

Guru dituntut untuk berfikir kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran secara daring, sehingga anak anak tidak jenuh dalam menerima pembelajaran tersebut, contohnya guru harus bisa memberi pelajaran yang sesui dengan media yang digunakan dalam melangsungkan pempelajaran online saat ini guru juga harus mengubah cara mengajar saat tatap muka dengan saat online.(https://www.djkn.kemenkeu.go.id )

Jika anak tersebut mengalami kesulitan dalam menerima pelajaran karena disebabkan kendala seperti tidak ada jaringan dan koatu tidak ada masih ada keringanan untuk sekaloh. Pemerintah memberikan kuota belajar saat itulah ada keringanan buat orang tua yang kesusahan untuk membelinya. Anak juga dituntut untuk mengerjakan tugas yang diberikan dalam pembelajaran secara daring, dimana dialog interaktif antara anak  dengan guru tidak semudah kalau secara tatap muka yang tingkat pemahaman anak didik atas materi yang diberikan tentulah berbeda, bayak tingkat pemahaman yang kurang karena ketidaksungguhan dalam proses pembelajaran maka itu juga bisa menyebabkan malas dan tidak ikut belajar secara daring seperti anak SD yang harus didampingi orang tua jika sekolah karena mereka tidak bisa untuk menggunakan media internet. Dan  juga harus rajin mengikuti pembelajaran online dan jika mereka sekolah tatap muka anak tersebut tidak malas untuk selalu aktif dalam kelasnya. ( Mutiah nur 2020)

Orang tua harus aktif untuk mendampingi anak yang mengikuti  daring dan dapat untuk menjelas kan apa yang di jeleskan oleh guru sehingga bila anak tersebut belum mengerti untuk mengerjakan tugas disitulah sulitnya untuk menjelaskannya.

Orang tua juga harus bisa memberi fasilitas belajar yang bisa menunjang pembelajaran online seperti menyediakan adroid untuk pembelajaran daring anak. (Riska 2020)

Di samping itu pemerintah    menghimbau untuk tidak kalah penting memberikan fasilitas media pembelajaran untuk tenaga pendidik, sehingga walau di masa pandemi tetap menghasilkan pendidikan yang berkualitas. Sehingga tercipta generasi unggul penerus bangsa dan itu semua dilakukan untuk tidak merusak anak anak dan tidak sepele untuk sekolah. Bila tidak sekolah maka anak penerus bangsa akan menjadi tidak baik.  Semua sangat berperan aktif di dalam pendidikan dimasa pandemi ini guru murid orang tua maupun pemerintah harus saling berkolaborasi dalam mensukseskan pembelajaran jarak jauh atau online. Mengigat wabah covid 19 yang tidak tahu kapan pastinya akan berakhir, maka metode pembelajaran tersebut bisa dijadikan untuk anak atau guru dan dilakukan secara berlangsung.***

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

%d blogger menyukai ini: