Home / Berita Nasional / Nanan Soekarno Jadi Wakapolri

Nanan Soekarno Jadi Wakapolri


Jakarta :
Komjen Pol Nanan Soekarna diangkat sebagai Wakil Kepala Kepolisian RI menggantikan Komjen Pol Jusuf Manggabarani.

“Pengangkatan tersebut berdasarkan surat telegram Kapolri nomor STR/159/II/2011 tanggal 28 Februari 2011 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dalam Jabatan Baru di Lingkungan Polri,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Polri Brigjen Pol Ketut Untung Yoga Ana di Jakarta, Senin [28/02].

Jusuf selanjutnya dimutasikan sebagai perwira tinggi (pati) Mabes Polri dalam rangka memasuki masa pensiun, ujarnya. Sementara itu, terkait dengan pengangkatan Nanan sebagai Wakapolri baru, LSM Indonesia Police Watch menyatakan bahwa terpilihnya mantan Irwasum adalah sebuah kompromi untuk menciptakan soliditas yang mantap di Polri. “Dimana Kapolri sebelumnya menempatkan Susno sebagai Penasehat Koordinator Staf Ahli (Korsahli),” kata Ketua Presidium IPW, Neta S Pane.

IPW berharap Nanan harus menunjukkan kinerja profesionalnya sebagai Wakapolri antara lain dengan mendorong pemberantasan mafia hukum di tubuh Polri. “Karena tanpa itu, catatan hitam Nanan sebagai mantan Kapolda Sumut dalam kasus protap akan diungkit-ungkit publik dan parpol yang kadernya menjadi korban,” kata Neta. Hal tersebut terkait tewasnya Ketua DPRD Sumut, Angkat saat unjuk rasa pada Februari 2009.

Hasil Kompromi

Koordinator Indonesia Police Watch Neta S Pane menilai dipilihnya Komjen Pol Nanan Soekarna sebagai Wakil Kepala Kepolisian RI menggantikan Komjen Yusuf Manggabarani merupakan hasil kompromi untuk menciptakan soliditas di tubuh Polri.

“Dipilihnya Komjen Nanan sebagai wakapolri adalah sebuah kompromi untuk menciptakan soliditas yang mantap di Polri, setelah sebelumnya Kapolri menempatkan Susno Duadji sebagai penasehat Koordinator Staff Ahli Kapolri,” kata Koordinator IPW Neta S Pane kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Komjen Pol Nanan Soekarna diangkat sebagai Wakil Kepala Kepolisian RI menggantikan Komjen Pol Jusuf Manggabarani. Pengangkatan tersebut berdasarkan surat telegram Kapolri nomor STR/159/II/2011 tanggal 28 Februari 2011 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dalam Jabatan Baru di Lingkungan Polri.

Lebih lanjut Neta mengakui bahwa selama ini belum pernah terjadi Kapolri dan wakapolri berasal dari satu angkatan sehingga hal ini merupakan hal yang agak aneh.

Selain itu, tambahnya, juga terdapat kendala lain yakni adanya kasus “protap” yang menjadi catatan hitam bagi Nanan. Hal tersebut terkait tewasnya Ketua DPRD Sumut, Angkat saat unjuk rasa pada Februari 2009.

“Untuk itu IPW berharap Nanan harus menunjukkan kinerja profesionalnya sebagai wakapolri, antara lain mendorong pemberantasan mafia hukum di tubuh polri. Tanpa itu catatan hitam Nanan dalam kasus protap akan diungkit-ungkit publik dan parpol yang kadernya jadi korban dalam tragedi tersebut,” kata neta. Jusuf Manggabarani selanjutnya dimutasikan sebagai perwira tinggi (pati) Mabes Polri dalam rangka memasuki masa pensiun. (ant)
Sumber : Beritasore

Comments

Komentar Anda

%d blogger menyukai ini: