Home / Berita Nasional / Nasida Ria Tampil Memukau di Jerman

Nasida Ria Tampil Memukau di Jerman

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Masih ingat dengan grup Nasida Ria yang pernah populer di masa lalu? Grup pemilik tembang “Dunia dalam Berita” baru-baru ini tampil memukau di Jerman.

Hal itu terungkap dari postingan akun @dprhiburanmalam di Twitter, Senin (20/6). Sontak postingan tersebut mendapat respon positif dari pengguna media sosial berlambang burung biru tersebut.

Grup yang dibentuk H. Muhammad Zain dan sang istri Hj. Mudrikah Zain ini tampil pada acara musik Dokumenta di Kassel, Jerman dan membawakan salah satu hits andalannya “Perdamaian”.

Grup nasyid yang terbentuk tahun 1975 ini dikenal sebagai grup musik kasidah modern dan sudah melegenda di Indonesia.

Sebenarnya, tampil di luar negeri bukan hal baru bagi grup nasyid asal Kota Semarang, Jawa Tengah ini. Namun, itu terjadi pada puluhan tahun silam sebelum berbagai genre musik menggempur belantika musik Indonesia.

Setidaknya, grup nasyid yang formasi awalnya berisi 9 perempuan ini, termasuk Hj. Mudrikah Zain, pernah tampil di Malaysia tahun 1988 pada perayaan Tahun Baru Islam.

Kemudian pernah juga tampil di Jerman (1994 dan 1996) pada acara festival musik Islam internasional bernama Die Garten des Islam dan Festival Heimatklange.

Nasida Ria dikenal sebagai pelantun lagu-lagu dengan pesan kebaikan dan kritik sosial. Beberapa di antaranya seperti “Jangan Main Cerai”, “Kota Santri”, “Surga di Telapak Kaki Ibu”, “Usaha dan Doa”, ” Wartawan Ratu Dunia”, dan “Nabi Muhammad Mataharinya Dunia”.

Sepanjang perjalanan kariernya, Nasida Ria telah menghasilkan ratusan karya lagu yang hingga kini masih dapat dinikmati oleh masyarakat.

Meski genrenya adalah kasidah dan berasal dari tahun 70-an, Nasida Ria juga pernah tampil dalam acara musik masa kini seperti RRREC fest (2016), Holy market (2017), dan
Syncronize Fest (2018 dan 2019).

Peliput: Roy Adam

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: