Home / Berita Sumut / Seputar Tapsel / Pemda se Tabagsel Teken Komitmen dengan KPK

Pemda se Tabagsel Teken Komitmen dengan KPK

Bupati Madina, Ja’far Sukhairi Nasution menandatangani komitmen bersama dengan KPK tentang pemberantasan korupsi, di Sipirok, Rabu (22/12/2021).

SIPIROK (Mandailing Online) – Bupati/Walikota beserta wakil masing-masing menadatangani komitmen bersama KPK.

Komitmen itu berupa pencegahan korupsi di daerahnya masing-masing.

Dari Mandailing Natal (Madina) ikut meneken adalah bupati Ja’far Sukhairi Nasution dan wakil bupati Atika Azmi Utammi Nasution.

Penandatangan itu berlangsung dalam Rapat Koordinasi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di Pemerintahan Kabupaten/Kota Tapanuli Selatan, Padangsidimpuan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Padanglawas, Padanglawas Utara, dan Mandailing Natal, di Sipirok, Rabu (22/12/2021).

Rapat itu juga dihadiri unsur Forkopinda masing-masing daerah. Dari Madina hadir Ketua DPRD Madina, Erwin Efendi Lubis; Kajari Madina, Taufik Djalal; Wakapolres Madina, Kompol Agus; Sekda Madina, Gozali Pulungan, dan Kepala Inspektorat Madina, Marwan Bakti Siregar dan Ketua TP-PKK Madina, Eli Mahrani.

Rakoor juga disertai penyerahan sertifikat aset kepada masing-masing pemerintah daerah dari BPN di wilayahnya.

Dalam kesempatan itu, Direktur Wilayah I Koordinasi dan Supervisi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Didik Agung Widjanarko mengatakan KPK berdasarkan UU No. 19 Tahun 2019 disebutkan mempunyai tugas untuk mencegah dan memberantas tindak pidana korupsi melalui koordinasi, monitoring, dan supervisi.

Menurut dia, KPK juga memiliki strategi-strategi dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Didik juga menjelaskan perihal skor monitoring centre for prevention (MCP) sebagai alat dalam melaksanakan monitoring dan evaluasi atas progres rencana aksi pemberantasan korupsi terintegrasi yang dilaksanakan oleh pemerintahan daerah.

“Bersama dengan para inspektur dan BPKAD di daerah diharapkan (pemerintah daerah) mencapai MCP yang lebih tinggi pada tahun 2020, lebih bagus dari tahun 2021,” katanya.

Editor: Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: