Home / Berita Nasional / PPL di Kecamatan Harus Dilengkapi Aplikasi Tehnologi Maju

PPL di Kecamatan Harus Dilengkapi Aplikasi Tehnologi Maju

 

Sjarifuddin Baharsjah

Pembangunan pertanian dari kecamatan perlu dilengkapi dengan teknologi yang maju, sehingga ada umpan balik dari petani yang sudah mengaplikasi sejumlah penelitian.

Itu dikatakan mantan Menteri Pertanian, Sjarifuddin Baharsjah mendampingi mantan Menteri Pertanian, Prof. Bugaran Saragaih saat mengikuti diskusi bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dan pakar pertanian lainnya di Jakarta, Senin (28/10/2019)

Menurut Sjarifuddin, membangun pertanian dari kecamatan sudah pasti akan melibatkan penyuluh.

“Karena itu, BPP-nya harus dihidupkan kembali dan direvitalisasi. Penyuluhnya harus adaptif, dan mampu mengaplikasi teknologi tinggi yang diperlukan petani,” papar  Sjarifuddin Baharsjah.

Sjarifuddin juga mengatakan,  pembangunan pertanian dari kecamatan perlu dilengkapi dengan teknologi yang maju, sehingga ada umpan balik dari petani yang sudah mengaplikasi sejumlah penelitian.

“Ke depan, penelitiannya pun tak lari kemana-mana, dan bisa fokus terhadap potensi di setiap kecamatan,” ujarnya.

Menurut Sjarifuddin, untuk memudahkan pembangunan dari kecamatan, penyuluhnya pun harus punya konektivitas dengan pasar dan dari hari ke hari bekerja dengan petani.

“Karena itu, SDM penyuluhnya pun harus diperkuat dan dilengkapi ilmu, pengetahuan dan teknologi yang diperlukan petani.  Aplikasi dari hasil penelitian pun bisa dikoneksikan di situ,” kata Sjarifuddin Baharsjah.

Sumber : Tabloid Sinar Tani
Editor : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: