Home / Seputar Madina / PT SMGP Gelar Sosialisasi Pelestarian Alam

PT SMGP Gelar Sosialisasi Pelestarian Alam


MADINA- PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) yang bergerak di bidang panas bumi menggelar sosialisasi pelestarian alam terhadap masyarakat di 3 kecamatan yakni Kecamatan Panyabungan Selatan, Panyabungan Barat, dan Kecamatan Puncak Sorik Merapi Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Acara tersebut selama tiga hari di Kecamatan Penyabungan sejak Selasa (14/12), dan berakhir di aula Kantor Camat Kecamatan Puncak Sorik Merapi, Jumat (17/12).

Ketua Tim Sosialisasi, Drs Sayuti Lubis dalam kegiatan itu, Kamis (16/12) mengatakan, PT SMGP yang bergerak di bidang gas bumi telah memiliki izin sesuai Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2003 tentang perusahaan panas bumi sangat peduli dengan lingkungan. Oleh karenanya, program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Madina terutama di 3 kecamatan dan melestarikan alam sekitar.

Dijelaskannya, lahan masyarakat yang masuk ke dalam lokasi operasi panas bumi akan diganti rugi sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku dan kehadiran PT SMGP dikatakannya tak akan merugikan masyarakat sekitar karena dikelola dengan tenaga ahli dan profesional dalam bidang panas bumi.

“Sebelumnya telah dilakukan eksplorasi dan pengkajian yang lama karena pihak perusahaan juga tak mau kalau operasi ini merugikan masyarakat dan pencemaran lingkungan, oleh sebab itulah dilakukan sosialisasi ini,” jelasnya.

Sedangkan Liza G Januari dari PT SMGP mengatakan, bahwa kehadiran PT SMGP memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab Madina Rp200 miliar pertahun. ” Segi keuntungan, perusahaan itu bisa mengatasi pemadaman listrik yang kerap terjadi di Madina, bahkan Madina berpeluang untuk distribusikan listrik ke luar daerah,” terang Liza.

Dijelaskannya, PT SMGP telah memeroleh izin dari Pemerintah pada tanggal 2 september 2010 dengan luas lahan 62 ribu hektare untuk masa produksi yang mencapai selama 30 tahun. “Menyerap tenaga kerja ratusan orang dari masyarakat daerah itu,” katanya.

Disebutkan, perusahaan akan terus memberikan penyuluhan tentang pelestarian alam bagi masyarakat, sebagaimana visi PT SMGP. “Termasuk membantu masyarakat tentang pertanian, fasilitas pendidikan, kesehatan dan sebagainya yang dianggap dibutuhkan masyarakat,” ujarnya mengakhiri.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Bidang Pertambangan dan Energi Pemkab Madina Monang ST, dan unsur Muspika PSM serta ratusan masyarakat dan Naposo Nauli Bulung (NNB). (wan)
Sumber : Metro Tabagsel

Comments

Komentar Anda

%d blogger menyukai ini: