Home / Berita Nasional / Ruhut: Soeharto Sangat Layak Jadi Pahlawan

Ruhut: Soeharto Sangat Layak Jadi Pahlawan

Anggota Komisi III bidang hukum DPR dari Fraksi Partai Demokrat Ruhut Sitompul mendukung penuh pemberian gelar pahlawan bagi mantan Presiden Soeharto. Ruhut menilai, Soeharto sangat berjasa bagi pembangunan bangsa.

“Soeharto sangat layak menjadi pahlawan,” kata Ruhut Sitompul di gedung DPR, Jakarta, Senin 25 Oktober 2010.

Menurut Ruhut, Soeharto juga berjasa dalam membangun gedung-gedung dan fasilitas pendidikan termasuk sekolah. Hasilnya, banyak rakyat Indonesia yang mengenyam pendidikan sampai perguruan tinggi.

“Itu karena Pak Harto yang bangun,” ujar Ketua Divisi Bidang Hubungan Masyarakat Partai Demokrat ini. Pembangunan infrastruktur era orde baru juga dinilai sudah memberikan manfaat banyak yang sudah dipetik rakyat era saat ini.

Penolakan pemberian gelar pahlawan bagi Soeharto dilakukan aktivis 1998 dengan menggugat pasal dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 1999 tentang Gelar Pahlawan dan Tanda Jasa ke Mahkamah Konstitusi (MK). Motivasi penggugat adalah agar mantan Presiden Soeharto tidak mendapat gelar pahlawan.

“Ini memang karena adanya dorongan agar Pak Harto tidak mendapat gelar pahlawan di tengah statusnya yang tidak jelas,” kata salah satu penggugat, Ray Rangkuti, kepada VIVAnews.com, Senin 25 Oktober 2010.

Ruhut pun menyindir sejumlah aktivis 1998 yang mengajukan gugatan undang-undang gelar pahlawan dan tanda jasa ke Mahkamah Konstitusi (MK). “Kalau mau jadi pengamat, juga jadi petarung dong,” kata mantan politisi Partai Golkar ini.(ywn)
Sumber: Viva News

Comments

Komentar Anda

%d blogger menyukai ini: