Home / Berita Nasional / Saksi Bank Sumut Diperiksa

Saksi Bank Sumut Diperiksa


Medan, Kejaksaan Agung (Kejagung) RI telah melakukan proses penyelidikan terhadap kasus kredit macet Bank Sumut ke salah satu kontraktor senilai Rp 1,9 miliar pada Tahun 2007 lalu.

Proses penyelidikan ini dilakukan berdasarkan hasil audit BPK RI, yang menemukan adanya kerugian negara dalam pengucuran kredit oleh Bank Sumut kepada salah satu kontraktor.

“Maka untuk langkah selanjutnya pihak Kejagung melakukan proses dan selanjutnya mengkoordinasikan agar Kejatisu memulai proses penyidikan,” kata Jampidsus M Amari kepada wartawan di Kantor Kejatisu, Jalan AH Nasution, Medan, Selasa (28/12/2010).

Amari menambahkan, terkait kasus tersebut, Kejagung dan Kejatisu telah mulai melakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi dari Bank Sumut.

Sementara itu, Kasi Penkum Kejatisu Edi Irsan Kurniawan Tarigan membenarkan pihak kejaksaan telah melakukan pemanggilan dan keterangan saksi dari Bank Sumut, diantaranya berinisial PIR.

“Untuk hari ini memang kita melakukan pemanggilan satu orang saksi dari Bank Sumut, mungkin Rabu (29/12/2010) pihak Pidsus kembali melakukan pemanggilan terhadap AT dari Bank Sumut dan IR HIL selaku Direktur PT KHN kontraktor yang menerima kucuran kredit dari Bank Sumut pada Tahun 2007 lalu,” ujarnya.

Edi Irsan memaparkan kasus ini bermula kontraktor PT KHN melakukan pemimjaman uang kepada Bank Sumut, dengan agunan sertifikat pemenang tender pengerjaan proyek pengaspalan di Dinas PU Kota Medan.

Namun, setelah kredit dikucurkan oleh Bank Sumut justru pihak kontraktor tidak melaksanakan proyek pengaspalan jalan di Kota Medan. Hingga akhir tahun proyek tersebut tidak selesai.

Akibatnya terjadilah kredit macat, sehingga merugikan keuangan negara karena uang yang dikucurkan oleh Bank Sumut justru tidak digunakan untuk proyek pengaspalan jalan sebagaimana nota kesepakatan.

Lantas berdasarkan hasil temuan BPK RI, Kejagung mengeluarkan surat perintah untuk melakukan penyelidikan terhadap kasus korupsi pengucuran kredit Bank Sumut.

Berdasarkan pantauan dan informasi yang diperoleh wartawan, sebanyak 5 orang dari Bank Sumut masuk ke ruangan Pidsus Kejatisu. Kelima orang tersebut belum keluar hingga pukul 16.00 WIB. (BS-021)
Sumber : Beritasumut

Comments

Komentar Anda

%d blogger menyukai ini: