Home / Berita Nasional / SBY bentuk poros baru?

SBY bentuk poros baru?

JAKARTA – Wacana pembentukan poros keempat yang dimotori oleh Partai Demokrat di Pilpres 2014 ternyata akan mengancam posisi poros koalisi lainnya.

Bahkan pihak yang akan dirugikan atas terbentuknya poros koalisi keempat itu adalah Prabowo Subianto dan Partai Gerindra.

“Kalau kemudian poros keempat koalisi ini benar-benar terjadi, bukan tidak mungkin yang paling dirugikan, secara matematika politik, itu malah Prabowo dengan Gerindra nya,” ujar Direktur Eksekutif Charta Politica, Yunarto Wijaya di Jakarta Pusat, tadi malam.

Menurutnya, dengan posisi Partai Gerindra yang belum memiliki kepastian berkoalisi dengan partai manapun, menjadi faktor yang merugikan.

“Itu sangat bisa dimainkan dalam game politik, bahkan sampai level paling ekstrim, mereka menjadi tidak lolos,” imbuhnya.

Yunarto menilai, pembentukan poros keempat di koalisi pilpres ini masih sebatas wacana. Karena memang hal ini dilihat dari belum adanya sikap resmi dari Partai Demokrat dalam menentukan arah koalisi.

Hal itulah yang memunculkan spekulasi Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berencana membentuk poros keempat untuk meloloskan kandidat capresnya berdasarkan hasil konvensi.

“Walaupun, menurut saya, poros keempat ini belum tentu mudah terealisasi,” tandasnya.(inilah)

Comments

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: