Home / Seputar Madina / Soal TKA China di OTP Geothermal, Data Disnaker Madina Beda dengan LIPAN

Soal TKA China di OTP Geothermal, Data Disnaker Madina Beda dengan LIPAN

Sutan Batang Hari

 

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Lembaga Independen Pemantau Anggaran Negara (LIPAN) mengungkap temuan tentang jumlah tenaga kerja berbahasa China di OTP Geothermal, Mandailing Natal.

Ketua LIPAN Mandailing Natal (Madina), Sutan Batang Hari Nasution kepada Mandailing Online, Selasa (17/7/2018) di Panyabungan mengungkapkan bahwa lembaga itu menemukan sekitar 60 orang tenaga kerja asing berbahasa China di lokasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi di kawasan Sibanggor yang dikelola PT. Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP).

Angka yang ditemukan LIPAN ini berbeda dengan data yang disampaikan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Kepada Mandailing Online Jum’at (13/7/2018) pihak Dinas Tenaga Kerja Kabupaten menyatakan data yang diterima mereka dari PT.SMGP sebanyak 21 tenaga kerja asing di OTP Geothermal dengan rincian 19 warga negara China dan 2 warga Phipilina.

Sutan Batang Hari menyatakan, angka itu diperoleh LIPAN dari hasil wawancara dengan beberapa tenaga kerja lokal yang bekerja di OTP Geothemal.

“Akses ke perusahaan itu di Purba Lamo sangat sulit. Termasuk untuk mengkonfirmasi kepastian jumlah TKA di sana,” kata Sutan. Sehingga pihaknya hanya bisa mewawancarai sejumlah tenaga kerja lokal untuk mengetahui gambaran jumlah tenaga kerja asing yang dipekerjakan di perusahaan itu.

Sutan menambahkan, dalam rangkaian investigasi, LIPAN juga menemukan pria berinisial “J” dari Medan sebagai penerjemah bagi tenaga kerja berbahasa China di lokasi.

Investiagasi dilakukan LIPAN Madina itu berlangsung pekan lalu.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Madina, Zulham Syahputra menjawab Mandailing Online, Jum’at (13/7/2018) menyatakan bahwa pihaknya tak lagi memiliki kewenangan untuk melakukan pembinaan dan pengawasan, karena kewenangan itu sudah berada di tangan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumut.

Peliput : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: