Home / Seputar Madina / Solat Subuh Berjamaah Penguat Akhlak Generasi Muda

Solat Subuh Berjamaah Penguat Akhlak Generasi Muda

Ja’far Sukhairi Nasution

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Solat Subuh berjamaah bagi kalangan pelajar menjadi kunci penting bagi penguatan iman dan akhlak generasi muda.

Oleh karena itu harapan Bupati Madina, Ja’far Sukhairi Nasution agar para pelajar membiasakan solat Subuh berjamah patut didukung semua pihak.

Tak dapat disangkal, arus globalisasi dimana segala ragam budaya global terutama sekulerisme begitu mudah merasuki kaum muda.

Kondisi itu harus diperhatikan secara serius oleh semua pihak agar generasi muda muslim tidak tercebur dalam life style sekular.

Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah penguatan nilai-nilai religiusitas dan penguatan aqidah dan keimanan di kalangan umat muslim sejak usia dini.

Keharusan solat Subuh berjamaah bagi pelajar menjadi salah satu solusi itu. Apalagi solat Subuh memiliki keistimewaan di hadapan Allah SWT.

Banyak sekali keutamaan yang didapat di waktu Subuh. Salah satu keutamannya adalah Rasulullah SAW mendoakan umatnya yang bergegas dalam melaksanakan shalat Subuh, sebagaimana disebutkan dalam suatu hadis, ”Ya Allah berkahilah umatku selama mereka senang bangun Subuh.” (HR Tirmizi, Abu Daud, Ahmad dan Ibnu Majah).

Pada hadis lain Rasulullah SAW bersabda, bahwasanya orang yang shalat Subuh akan dijamin oleh Allah. ”Siapa yang menunaikan shalat Subuh maka ia berada dalam jaminan Allah. Maka, jangan kamu mencari jaminan Allah dengan sesuatu (selain dari shalat), yang pada saat kamu mendapatkannya justru kamu tergelincir ke dalam api neraka.” (HR Muslim).

Bahkan Allah SWT di dalam Al-Qur’an tegas menyatakan bahwa waktu Subuh adalah waktu yang paling baik untuk mendapatkan rahmat dan ridha Allah.

Allah SWT berfirman, ”Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.” (QS al-Kahfi [18]: 28).

Berdasar hadist dan firman Allah SWT itu tentunya menjadi jelas bahwa solat Subuh terutama solat Subuh berjamaah menjadi hal yang sangat penting bahkan urgen.

Oleh karena itu, upaya Pemkab Madina menggalakkan solat Subuh berjamaah di kalangan pelajar menjadi suatu upaya yang sesuai dengan suruhan Sang Khalik dan anjuran Rasululloh.

Pada pembentukan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Provinsi Sumatra Utara, Sabtu malam (16/4/2022) di masjid Nur Ala Nur, Panyabungan, Bupati Madina Ja’far Sukhairi menyatakan bahwa Pemkab Madina telah menerbitkan peraturan bupati terkait Salat Subuh berjemaah sekali seminggu bagi pelajar SD, SMP, SMA.

Dan itu menjadi langkah-langkah yang akan dilakukan DMI.

“Walaupun Salat Subuh ini kita lakukan sekali seminggu, kita berikan ceramah, siraman rohani, dan solawatan bagi anak-anak kita. Selama ini anak kita bangun jam 7 pagi, sekarang kita bangunkan subuh-subuh,” ujarnya.

Sukhairi menambahkan, ada korelasi DMI dengan peraturan bupati (Perbub) yang telah dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Madina.

“Madina telah mengeluarkan Perbub Salat Subuh berjemaah untuk anak-anak pelajar, peraturan ini ada hubungannya dengan DMI,” jelasnya.

Bupati Madina Ja’far Sukhairi Nasution berharap masjid menjadi kunci penting bagi pendidikan akhlak, pendalaman agama sehingga tercipta generasi yang tangguh. (Dahlan Batubara)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: