Home / Seputar Tapsel / TNI Sosialissikan Bios 44 Kepada Petani Palas

TNI Sosialissikan Bios 44 Kepada Petani Palas

Bios 44

SOSA (Mandailing Online) – Kodim 0212 / Tapanuli Selatan mensosialisasikan Bios 44 kepada petani Desa Hutaraja Lamo dan Desa Mondang, Kecamatan Sosa, Kabupaten Palas, Kamis (18/7/2019).

Bios 44 adalah cairan yang dapat mencegah kebakaran lahan gambut, digunakan untuk mengurai tanah tandus menjadi subur, juga dapat dipergunakan untuk lahan perikanan. Merupakan temuan prajurit TNI yang sudah memiliki hak paten dari Kemenkum Ham RI.

Sosialisasi dilakukan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kabupaten Padang Lawas (Palas).

TNI Manunggal Membangun Desa di kabupaten itu melaksanakan kegiatan fisik pembukaan jalan, pelebaran jalan serta pembangunan rabat beton dan pembangunan dek jalan serta jembatan.

Dalam kesempatan tersebut prajurit TNI dari Kodim 0304/Agam Kpt Inf Chairul M yang merupakan Pasiter di Kodim 0304/Agam sebagai narasumber memperkenalkan kepada masyarakat apa itu Bios 44.

Sosialisasi Bios 44 di Kabupaten Padang Lawas

 

Disampaikan, bahwa Bios 44 ini merupakan perpaduan beberapa mikroorganisme yang disatukan, pada awalnya berfungsi untuk memperkecil hingga menutupi rongga-rongga yang ada padalahan gambut dalam tempo tertentu.

Uji coba Bios 44 telah dilakukan di beberapa kawasn Indonesia di sektor perikanan dan lahan gambut.

Bios 44 juga berfungsi mengembalikan tanah bekas tambang yang merupakan lahan terbengkalai menjadi lahan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Selain penyampaian secar teori, dilakukan praktek penggunaan Bios 44 di desa itu.

Hadir dalam sosialisasi Bios 44 tersebut, Kadis Perikanan dan Peternakan Kabupaten Palas, Kadis Pertanian Palas, Kades Hutaraja Lamo dan Mondang, Sekcam se Kecamatan Sosa, Pasi Ter Kodim 0212/TS, Masyarakat Desa Hutaraja Lamo, Siswa SMK Jurusan Pertanian dan Tokoh Masyarakat dan Tokoh Masyarakat dari Desa Hutaraja Lamo dan Mondan.

 

Peliput : Maradotang Pulungan

Editor: Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: