Home / Seputar Madina / Warga Bantahan Panyabungan Tanya Dana Bencana

Warga Bantahan Panyabungan Tanya Dana Bencana


Panyabungan, Warga kawasan Batahan Kabupaten Madina pertanyakan dana bantuan pasca angin puting beliung yang menimpa 99 kk Masarakat Batahan, sedang inpormasi soal dana bantuan dari Pemda Madina sebesar Rp120 juta lebih dipertanyakan. Kamis (11/11)

Dana sebesar Rp 120 juta tersebut menjadi bahan pertanyaan warga Batahan setelah ada mendapat inpormasi bahwa dana bantuan yang terulis pada SPJ Kadis Kesos Madina sebesar 120 juta rupiah dan judul bantuan untuk Masarakat yang tertimpa musibah angin puting beliung di Batahan.

Warga menjelaskan inpo yang diperolehnya antara lain Pemda sudah memberi bantuan sebesar 50 juta rupiah dan dana tersebut barangkali sudah digunakan untuk o[perasianal sedangkan dana yang tertulis di SPJ Kakesos Madina adalah sebesar 81 juta dengan rincian 1 juta /KK sebanyak 81 KK .

akan tetapi dari sumber kami menduga serius bahwa bantuan dari Pemkab Madina itu sesuai SPJ DInas Kesos adalah sebesar 120.juta lebih tetapi yang diberikan baru 50 juta dan itu untuk dana operasional sedangkan inpo lain mengatakan kalau dana itu benar nantinya digunakan untuk 81 KK dengan rincian 1 juta /kk itu berarti masih ada sisa 31 juta lagi dari jumlah yang tertera di SPJ Kadis Kesos 120.juta itu,jadi itu dana meu dikemanai.ujar warga menduga.

Warga lain kepada Andalas mengatakan di Batahan memang bantuan astap seng sudah disalurkan seperti saya butuh atap seng rumah saya yang dibutuhkan tiga kodi tetapi yang saya terima cuma 9 lembar atap seng dan tukang yang sudah dibayari kian selama dua hari tetapi apa mungkin dalam 2 hari rumah saya selesai sementara saya mau cari pembeli atap lagi,mana melaut tidak bisa akibat besarnya ombak.

Warga tersebut juga mengatakan kalau awalnya angin itu datangnya dari Kula Batahan kemudian berputar ke arah Teluk Bungo yang kemudian ke Pulau Rubia(Teluk Ilalang) dan kemudian ke daerah kawasan Pasir Putih Dana tuju(Kec.sinunukan) dan kembali angin itu berputar ke Teluk Ilalang dan berahir putaran angin di Pulau Pinir(pulau batu) darah Pulau Nias. ujar warga sambil menhimbau kepada Masarakat Batahan agar melakukan doa “Tolak Bala” dulu di Nagari sebagiman yang dilakukan orang orang Tua dulu.

M.Amin Nasution sebelum dimutasikan Pemda dari jabatannnya sebagi Camat Batahan mengatakan di Kantor Camat Batahan bahwa bantuan Pemda dan PTPN sudah kita salurkan sebagai mana mestinya.kepada 99 KK(termasuk Musalla dan TK Alfatah) yang rusak akibat angin puting belung (1/11) kemaren

Asisten satu tata pemerintahan Madina yang dikonfirmasi seputar Pemutasian M.Amin Nasution digantikan oleh Afkar sebagai Pelaksana Tugas membenarkan bahwa Camat Batahan telah diganti tanpa menyebut apa alasannnya.yang kebetulan juga diruangan itu ada Setdakab Madina Gozali Pulungan SH.MM. Sedangkan Kadis kesos Madina Alamulhak Daulay yang hendak ditanyai seputar adanya Dana Bantuan sebesar 120 juta itu tidak berhasil dijumpai dikantornya (andalas/BHI)
Sumber : Starberita

Comments

Komentar Anda

%d blogger menyukai ini: