Home / Seputar Madina / Ketua KPU Madina Laporkan Uang Hadiah Pernikahannya ke KPK

Ketua KPU Madina Laporkan Uang Hadiah Pernikahannya ke KPK

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Banyak menerima hadiah uang dan barang di pesta pernikahannya, Ketua KPU Madina Agussalam Nasution bukannya memanfaatkannya memperkaya diri. Malah membawa uang itu ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bah fuang !!!.

Hadiah berupa uang dan barang itu ia peroleh dari para tamu termasuk sejumlah ketua partai dan caleg ketika pesta pernikahannya di Desa Sibanggor, Kecamatan Puncak Sorik Merapi pada hari Minggu 19 Januari 2014 yang lalu dilaporkannya kepada lembaga anti rusuah itu untuk diverifikasi.

Menjawab wartawan via telefon seluler, Jum’at (7/2/2014) Agussalam Nasution menyatakan saat ini dia masih berada di gedung KPK, Jakarta.

“Benar, saat ini saya sedang berada di gedung KPK untuk melaporkan hadiah berupa benda dan uang yang saya peroleh waktu pesta kemarin, jumlahnya belasan juta rupiah,” katanya.

Pelaporan itu ia perbuat atas inisiatif sendiri selaku pejabat negara (KPU) dan langkahnya itu diyakininya sesuai dengan ketentuan yang ada, serta mematuhi peraturan undang-undang tentang tindak pidana korupsi maupun gratifikasi.

Dijelaskannya, semua hadiah yang diperolehnya sudah dilaporkan kepada KPK, dan yang dilaporkan itu akan diverifikasi dan diperiksa oleh KPK apakah memang pemberian itu ada kategori suap atau hal lain yang melanggar ketentuan undang-undang.

“Tentunya mereka periksa dulu semuanya, kalau memang ada bagian hadiah itu yang menyalahi misalnya berbentuk suap atau sebagainya, tentu saja akan disita negara. Karena memang banyak hadiah berupa uang, mulai 300 ribuan hingga 500 ribuan rupiah per orang, jumlah keseluruhan mencapai belasan juta rupiah,” imbuhnya.

Peliput : Maradotang Pulungan
Editor : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar