Home / Seputar Madina / KKM dan Taman Budaya Sumut Jajaki Kemitraan

KKM dan Taman Budaya Sumut Jajaki Kemitraan

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Menggenjot promosi seni budaya dan parawitasa Mandailing Natal (Madina), Kampoeng Kaos Madina (KKM) dan Taman Budaya Propinsi Sumatra Utara akan menjalin kerjasama ke depan.

Menjawab wartawan, Senin (30/9/2013), pemilik KKM Sobir Lubis menyatakan penjajakan kerjasama dengan Taman Budaya Sumut ini diharapkan dapat terjalin kemitraan dalam promosi parawisata, seni dan budaya Mandailing Natal ke tingkat Nasional maupun manca negara, sehingga akan menjadikan budaya Mandailing lebih dikenal lagi oleh masyarakat luar.

Langkah pertama kemitraan Taman Budaya Sumut-KKM ini diawali pertemuan antara Kepala Taman Budaya Sumut Drs. Jamal Karo Karo M,Sn dengan pemilik KKM Sobir Lubis di Medan, pekan lalu.

Dalam pertemuan itu, Jamal Karo Karo mengatakan ketertarikannya terhadap seni budaya Mandailing. Dia juga sudah mendengar aktivitas KKM di Madina dari temannya seorang etnomusikologi USU bahwa KKM tengah gencarnya mengembangkan sanggar seni sekaligus memproduksi alat-alat kesenian Mandailing.

Berdasar itu, pihak Taman Buadaya Sumut mengundang KKM untuk mengetahui sejauh mana kemajuan aktivitas KKM.

“Dalam pertemuan itu, kita membeberkan keberadaan dan aktivitas sanggar seni Maulana Produktion, aktivitas pembuatan Gordang Sambilan, miniatur gordang sambilan, miniatur bagas godang serta produk yang bernuansa kedaerahan, dan atas dasar itulah mereka tertarik menjalin kerjasama,” katanya.

Peliput : Maradotang Pulungan
Editor : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

6 comments

Silahkan Anda Beri Komentar