Home / Artikel / CINTA DAN PENGORBANAN

CINTA DAN PENGORBANAN

 

Oleh : Sri Handayani, S.T

 

Tak terasa aroma idul adha sudah menggema. Hanya hitungan hari kaum muslimin seluruh dunia akan merayakan hari raya idul adha. Hari raya idul adha juga dikatakan hari raya qurban. Hari raya idul adha berbeda dengan hari raya idul fitri. Hari raya idul adha identik dengan penyembelihan hewan qurban baik sapi, lembu, kerbau dan lain. Inilah salah satu bukti cinta kaum muslimin atas syariat Allah SWT.

Memberikan sebagian hartanya untuk qurban kemudian dibagikan kepada umat islam. Masha Allah.

Cinta Yang diraih tentunya cinta berlandaskan akidah yaitu cinta Hakiki hanya mengharapkan Ridho dari sang maha cinta yaitu Allah SWT. Nabi Ibrahim as begitu besar cinta terhadap Allah SWT rela berkorban untuk menyembelih putranya  ketika mencapai usia remaja. Tak tampak sedikit pun keraguan yang menyelimuti Nabi Ibrahim as dan ikhlas menunaikan perintah Allah SWT. Meskipun mengorbankan putra yang cintai dan kedatangannya sangat ditunggu-tunggu oleh nabi Ibrahim as. Bahkan putranya bernama Nabi Ismail As pun tidak keberatan atas perintah Allah SWT.

“Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, “Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihnya. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!” Dia (Ismail) menjawab, “Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; insya Allah engkau akan mendapati ku termasuk orang yang sabar.Maka ketika keduanya telah berserah diri dan dia (Ibrahim) membaringkan anaknya atas pelipisnya, (untuk melaksanakan perintah Allah).Lalu Kami panggil dia, “Wahai Ibrahim! Sungguh, engkau telah membenarkan mimpi itu.” Sungguh, demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata.  Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar, (Q. S Ash Shaffat : 102-107).

Allahu Akbar! Atas kebesaran Allah SWT putranya bernama nabi Islam As digantikan dengan seekor kibas yang besar oleh Allah SWT. Allah SWT menyaksikan kesabaran dan ketaatan yang di lakukan oleh nabi Ibrahim bersama putranya. Peristiwa Agung nan mulia ini diabadikan agar menjadi tauladan bagi manusia sepanjang masa. Sungguh keberadaan ujian dan pengorbanan merupakan hal yang niscaya dalam setiap amal.

Namun idul adha dan pelaksanaan hewan Qurban tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini seluruh dunia tentunya merasakan Pandemi Covid 19 untuk melaksanakan hewan qurban. Ditambah lagi situasi perekonomian semakin hari semakin sulit. Daya beli masyarakat menurun. Pengangguran makin bertambah akibat banyaknya karyawan di PHK oleh perusahaan akibat musibah melanda dunia yaitu Covid 19.

Alhamdulillah meskipun perekonomian menurun namun semangat kaum muslimin untuk berqurban masih menggelora. Meskipun harga hewan qurban mahal namun tidak menyurutkan semangat kaum muslimin. Semua ini dilakukan semata-mata hanya mengharapkan ridho Allah SWT memenuhi seruan Allah SWT dan Rasulullah Saw.  Pengorbanan tersebut membuktikan cinta ,ketaatan dan ketundukan kepada Allah SWT dan Rasulullah.

Qurban dan idul adha mengajarkan kepada kita arti sebuah pengorbanan yang mewujudkan ketaatan secara atas syariat Allah SWT di tengah tengah kehidupan kita. Tidak berhenti selama idul adha dan berqurban saja. Akan tetapi harus terpupuk dan diwujudkan secara nyata dalam seluruh aspek kehidupan . Ditambah lagi kondisi saat ini memprihatinkan yang sedang di hadapi kaum muslim dan umat manusia.

Pengorbanan dan ketaatan terjaga harus segera diwujudkan secara nyata di tengah – tengah kehidupan dengan menerapkan aturan Allah swt. Yang mendatangkan rahmat untuk manusia dan alam semesta.

Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu. (Q.S Al – Baqarah : 208)

“Kami tidak mengutus engkau, Wahai Muhammad, melainkan sebagai rahmat bagi seluruh manusia” (QS. Al Anbiya: 107).

Wallahu ‘alam bish showab

Comments

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: