Home / Seputar Madina / Jalinsum Panyabungan-Muara rawan longsor

Jalinsum Panyabungan-Muara rawan longsor

PANYABUNGAN – Para pengguna jalan yang melintasi ruas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Panyabungan-Muara Sipongi di Kabupaten Mandailing Natal diminta untuk berhati-hati, sebab daerah ini terkenal rawan longsor dan pohon tumbang ke badan jalan. Selain itu, di kiri kanan jalan terdapat daerah perbukitan dan jurang yang dalam serta tikungan yang tajam.

Dari hasil pantauan, ada beberapa titik longsor atau jalan amblas yang perlu diwaspadai, yaitu di Desa Purba Lama, Kecamatan Lembah Sorik Merapi dengan kondisi jalan abrasi sepanjang 10 meter.

Selain itu di daerah yang sama juga terdapat pohon aren yang tumbang ke badan jalan mengakibatkan separuh jalan tidak bisa digunakan. Kemudian di Desa Lumban Pasir jalan amblas sepanjang 5 meter, kondisi ini sudah lama berlangsung.

Selain itu di Desa Usor Tolang, Kecamatan Kotanopan, jalan mengalami abrasi sepanjang 5 meter, kemudian di daerah yang sama juga sering terjadi longsor dan yang paling mengkhawatirkan satu lagi di daerah Botung, selain ruas jalan mengalami penyempitan juga longsor dari atas bukit selalu datang. Apalagi belakangan curah hujan di daerah ini cukup tinggi.

M Syakban Lubis,35, Kepala Desa Muara Siambak, Kecamatan Kotanopan yang dijumpai di Kotanopan, mengatakan, kondisi ruas jalinsum Panyabungan-Muara Sipongi belakangan memang rawan longsor serta banyak pohon yang tumbang yang menimpa badan jalan.
sumber:waspada

Comments

Komentar Anda

%d blogger menyukai ini: