Home / Seputar Madina / Kasus Derman Gultom, Bupati Madina Akan Surati Dirjen Pemasyarakatan

Kasus Derman Gultom, Bupati Madina Akan Surati Dirjen Pemasyarakatan

 

Bupati Madina (kiri) hendak meng-upa-upa Rahman, disaksikan ketua DPRD Madina (kanan).

NATAL (Mandailing Online) – Bupati Madina, Jakfar Sukhairi Nasution berharap hukuman pidana dan pemecatan bagi Derman Gultom, pegawai Lapas Natal yang diduga menganiaya Said Rahman anak dibawah umur.

Harapan itu dinyatakan bupati menjawab wartawan usai menjenguk anak dibawah umur itu di rumah orangtuanya, Desa Kampung Sawah, Kecamatan Natal, Sabtu (25/9/2021).

Sukhari mengutuk keras tindakan penganiayaan terhadap anak yang masih di bawah umur tersebut.

“Ini tindakan biadab dan di luar batas. Kita percayakan kepada pihak berwajib untuk (menjalankan) proses hukum yang seadil-adilnya,” tutur Sukhairi.

Menurut dia, Derman Gultom tidak hanya pantas dihukum pidana atas perbuatannya, tetapi juga harus mendapat sanksi pemecatan sebagai pegawai Lapas Kelas II-B Natal.

“Pemerintah daerah akan membuat surat (permohonan kepada Dirjen Pemasyarakatan) agar pelaku tidak hanya mendapat hukuman (pidana), tetapi juga mendapat sanksi pemecatan,” tutur Sukhairi.

Menurut Sukhairi, perilaku Derman Gultom sangat berbahaya dan tidak bisa dibiarkan tanpa proses hukum. “Pemerintah akan mengawal proses hukum yang seadil-adilnya,” ujarnya.

Untuk pemulihan psikologis korban, Sukhairi telah meminta Komisi Perlindungan Anak (KPA), dokter, dan Camat Natal untuk melakukan pendampingan, khususnya untuk memulihkan trauma korban (trauma healing).

Sementara Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis yang ikut membesuk meminta keluarga dan masyarakat bersikap bijak dan tidak mudah terprovokasi atas kejadian tersebut.

Dalam kesempatan itu, Sukhairi dan Erwin meng-upa-upa anak berusia 14 tahun itu agar kondisi mentalnya cepat pulih dari trauma.

Sukhairi dan Erwin juga memberi dukungan moril dan semangat kepada anak yang masih berstatus santri di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purbabaru itu.

Kunjungan ke rumah korban penganiayaan tersebut  merupakan rangkaian kunjungan kerja Bupati Madina  ke sejumlah tempat di wilayah Pantai Barat, Madina.

Editor: Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: