Home / Berita Nasional / Konflik Papua karena kesenjangan barat-timur

Konflik Papua karena kesenjangan barat-timur

 

 

JAKARTA, (MO) – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menilai peristiwa penembakan terhadap prajurit TNI yang terjadi di Papua menunjukkan masih tingginya kesenjangan ekonomi di daerah tersebut.

“Masyarakat di Indonesia barat sudah maju tapi masyarakat di Indonesia Timur, khususnya Papua masih tertinggal,” kata Megawati Soekarnoputri, hari ini.

Menurut dia, Papua memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar, baik minyak bumi, gas, maupun pertambangan lainya, tapi pembangunan infrastruktur dan prasarana lainnya di Papua sangat lamban.

Lambannya pembangunan fisik seperti jalan raya dan jembatan, termasuk pembagunan gedung sekolah dan rumah sakit, menurut dia,  berdampak terhadap lambannya pertumbuhan kesejahteraan masyarakat.

“Banyak masyararakat di sana masih hidup dalam kemiskinan,” katanya.

Megawati mengimbau pemerintah untuk mendorong percepatan pembangunan di Papua sehingga bisa mengurangi kesenjangan ekonpmi.

Jika dilakukan pembangunan fisik termasuk infrastruktur listrik, menurut Megawati, maka akan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi, sehingga peristiwa kekerasan bisa diantisipasi.

Sebelumnya, diberitakan sebanyak delapan anggota TNI dan empat warga sipil dinyatakan tewas ditembak di Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Pemerintah menduga penembakan dilakukan oleh kelompok separatis bersenjata pada Kamis (21/2).(antara)

Comments

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: