Home / Seputar Madina / Pengusaha Muda Madina Jadi Peserta Talenta Wirausaha BSI

Pengusaha Muda Madina Jadi Peserta Talenta Wirausaha BSI

Palit Hanafi Lubis, Pengusaha Madina Lolos Jadi Peserta Talenta Wirausaha BSI/Istimewa.

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Salah satu pengusaha muda Mandailing Natal (Madina) Palit Hanafi Lubis berhasil lolos jadi peserta Talenta Wirausaha BSI (Bank Syariah Indonesia).

Talenta Wirausaha BSI merupakan program Kementerian BUMN untuk mendukung pengusaha muda UMKM dengan mengedepankan empat kategori lomba, yakni wirausaha pemula, rintisan, dan berdaya dengan total hadiah mencapai 450 juta rupiah

Pendaftar yang lolos jadi peserta akan mengikuti rangkaian kegiatan berupa On Barding (talk show di berbagai kota tentang talenta kewirausahaan), Workshop, Awarding, dan Partnership (kesempatan bermitra dengan BSI).

“Alhamdulillah, kita berhasil lolos jadi salah satu dari seribu peserta. Talenta Wirausaha BSI ini diikuti oleh 10.000 pendaftar, tapi hanya 1000 yang lolos untuk mengikuti setiap tahapan,” katanya ketika dihubungi di lopo KOPINTA Mandheling Coffee, Jl. Willem Iskander, Pidoli Lombang.

Palit yang ambil bagian pada kategori Wirausaha Rintisan ini menyampaikan, paska lolos jadi peserta, ia telah mengikuti On Boarding dan workshop selama tiga hari.

“Paska lolos jadi peserta Talenta Wirausaha mandiri tahapan yg sudah kita lalui workshop selama 3 hari, 22 sampai 24 April. Tahapan berikutnya tinggal penilaian business plan untuk menentukan pemenang,” jelasnya, Sabtu (30/4).

Palit menambahkan, program BUMN ini merupakan peluang bagi pengusaha muda untuk bisa mendapatkan pelatihan dan peluang bermitra dengan BSI.

“Saya pikir ini peluang, bukan hanya soal hadiah dan kesempatan bermitra dengan BSI, tapi juga pengusaha muda utamanya yang baru memulai usahanya bisa mendapat ilmu selama kegiatan berlangsung,” sebutnya.

Pengusaha muda ini pun mengajak milenial Madina agar berani memulai usaha dan mengambil setiap peluang dalam upaya membangun bisnis.

“Saya pikir milenial kita di Madina harus berani berwirausaha dan tidak berhenti belajar membangun bisnis atau usaha yang dirintis,” katanya.

“Kita tidak bisa terus berpangku tangan dan hanya menunggu melainkan harus mau menjemput bola dan rutin mencari informasi yang bertujuan untuk mengembangkan usaha yang digeluti,” tutupnya.

Sesuai informasi pada laman Talenta Wirausaha BSI, program dari BUMN berupa pelatihan kemampuan wirausaha, kompetisi tingkat nasional, penghargaan bagi wirausaha terbaik, dan pemberian dukungan usaha kepada pelaku UMKM muda terbaik ini hanya bisa diikuti oleh pengusaha bukan kelompok usia 18-35 tahun.

Sementara itu Menteri BUMN Erick Tohir menyampaikan, untuk membangkitkan ekonomi umat salah satunya adalah pembiayaan menjadi akses untuk membangun ekonomi.

“Untuk mendukung hal itu, kita gabungkan seluruh bank syariah milik BUMN menjadi Bank Syariah Indonesia yang sekarang masuk 10 besar di Indonesia,” katanya.

 

Peliput: Roy Adam

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: