Home / Seputar Madina / Petani Desa Huraba Bangun Jalan Usaha Tani

Petani Desa Huraba Bangun Jalan Usaha Tani

 

Petani Desa Huraba yang tergabung dalam FKS Huraba Sejahtera saat bergotongroyong membangun jalan ke sawah

SIABU (Mandailing Online) – Jalan Usaha Tani (JUT) merupakan infrastruktur yang sangat urgen untuk memudahkan petani dari dan ke sawah.

Dan itu sangat didambakan oleh masyarakat Desa Huraba Kecamatan Siabu, Mandailing Natal. Sebagai sarana transportasi mengangkut material pertanian hingga hasil tani mereka.

Huraba termasuk desa yang memiliki luas lahan persawahan yang tinggi di Madina. Mayoritas penduduknya bergantung pada sawah.

Oleh karena itulah, petani membentuk Forum Keserasian Sosial (FKS) Huraba Sejahtera yang merupakan suatu wadah masyarakat petani dalam merumuskan berbagai dinamika pertanian.

Dan, Kementerian Sosial RI pun meresfon kebutuhan wadah itu.

Tahun ini, Kementerian Sosial mengucurkan dana bantuan gotong royong kepada wadah itu. Berupa pembangunan jalan ke sentra perswahan dengan sistem gotong royong.

Kegiatan gotong royong telah dimulai dalam beberapa pekan terakhir.

Masyarakat bersama-sama melaksanakan pembangunan fisik jalan.

“Kita masyarakat berterimakasih kepada Pemerintah melalui Kementerian Sosial yang telah mengkucurkan dana kepada FKS Huraba Sejahtera, dimana dana tersebut kami pergunakan untuk membangun JUT di desa kami ini,” ujar Maradotang Pulungan, Ketua FKS Huraba Sejahtera Desa Huraba 1 kepada Mandailing Online di desa itu, Senin (28/10/2019).

Dalam FKS tersebut masyarakat yang merencanakan dan masyarakat juga yang menentukan kegiatan fisik apa yang akan dilaksanakan. Sehingga dengan begitu masyarakat akan dapat bersatu di dalam membangun desanya sendiri.

Dan kekompakan akan sendirinya tercipta di tengah-tengah masyarakat.

“Kita pengurus FKS bersama masyarakat saling bahu membahu bergotong royong melaksanakan kegiatan fisik,” katanya.

Ditempat terpisah, Plt Kepala Desa Huraba 1, Muhammad Sukri Plt Kepala Desa Huraba 1 mengatakan dengan adanya kegiatan FKS Huraba Sejahtera tersebut, maka masyarakat terlihat kompak untuk melaksanakan pembangunan JUT tersebut.

“Pengurus FKS Huraba Sejahtera selalu mengedepankan kekompakan di tengah tengah masyarakat, hal ini terbukti mulai dari pembentukan forum hingga pelaksanaan kegiatan selalu mengacu kepada hasil musyawarah pengurus dan masyarakat,” sebutnya.

Peliput : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: