Home / Berita Nasional / Ratusan Rakyat Madina Kutuk Cina Soal Uigur

Ratusan Rakyat Madina Kutuk Cina Soal Uigur

 

 

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Sekitar 300 massa dari berbagai organisasi di Madina, Jum’at (3/1/2010) mengutuk pemerintah Cina yang menindas muslim Uygur.

Massa melakukan pawai sepanjang Jalan Willem Iskander dari titik lapangan samping Pidoli hingga Pasar Lama Panyabungan, Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Sejumlah spanduk dipampangkan yang bertulis berbagai ragam kalimat membela muslim Uigur.

Dalam orasi-orasi di sepanjang jalan, orator dari FPI (Front Pembela Islam) meminta pemerintah Indonesia proaktif melakukan tekanan kepada Cina terkait nasib muslim Uigur di Cina.

“Apakah kita rela saudara-saudara kita muslim Uigur diperlakukan semena-mena oleh komunis Cina?” teriak orator yang disambut massa dengan pekikan “tidaaaak !!!”.

Orasi orasi di pawai itu mengumandangkan soal muslim Uigur diperlakukan tidak manusiawai di Cina, perempuannya diperkosa, serta adanya upaya sistematis dari pemerintah Cina dalam memurtadan muslim Uigur di camp camp konsentrasi.

Massa yang tergabung dalam Solidaritas Aliansi Masyarakat Mandailing Natal Untuk Muslim Uigur ini antara lain terdiri dari FPI, Hubbun Nabi, Pemuda Pancasila, juga kader PKS (Partai Keadilan Sejahtera).

Peliput : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: