Home / Seputar Madina / Sihar Sitorus Reses di Madina

Sihar Sitorus Reses di Madina

PANYABYNGAN (Mandailing Online) – Anggota DPR RI Komisi XI, Sihar PH Sitorus melakukan resea di Kabupaten Mandailing Natal sejak Rabu hingga Kamis (4-5/3/2020).

Kebutuhan infrastruktur, ekonomi dan sektor pariwisata menjadi bahasan penting antara Pemkab Mandailing Natal (Madina) dengan Sihar.

Pertemuan pada Kamis di aula kantor bupati Madina, pihak Pemkab Madina menyampaikan paparan kebutuhan Madina dilanjutkan dengan rangkaian diskusi dan dialog.

Topik-topik penting di pertemuan itu meliputi kebijakan fiskal, infrastruktur, perekonomian rakyat hingga pariwisata yang akan menjadi poin poin perjuangan Sihar di DPR RI.

Poin poin di topik itu antara lain menyangkut kebijakan penggunaan DAU, dukungan pembangunan destinasi wisata, pembangunan pasar baru dan dukungan terhadap perkreditan syariah.

Dalam hal ini Pemkab Madina mengharapkan dukungan DPR RI bagi pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Batahan di Madina; pembangunan jalan raya menuju pelabuhan Palimbungan; lanjutan pembangunan bandara Bukit Malintang; pembangunan Pasar Baru Panyabungan;

Pembangunan destinasi wisata di Madina; program investasi komoditas unggulan di Madina; program konversi mata pencaharian masyarakat tambang dan penanam ganja kepada pertanian holtikultura.

Di Ponpes Musthofawiyah

Reses pada Rabu dipusatkan di Pondok Pesantren Mustafawiyah Purba Baru dan berlangsung sukses. Kedatangan Sihar disambut hangat oleh para guru ponpes yang merupakan salah satu ponpes tertua di Indonesia ini.

Kedatangan Sihar P Sitorus yang didampingi Ketua PDIP Madina Teguh W Hasahatan dan kader lainnya disambut oleh Sekretaris Yayasan Ustads H. Muklis dan beberapa guru lainnya. Selain memaparkan maksud dan tujuan Kunjungan Kerja Reses Perseorangan, Sihar juga banyak berdiskusi soal program kerja DPR RI saat ini.

Dalam sambutannya, Sihar menyampaikan terimakasih kepada Keluarga Besar Pondok Pesantren Mustafawiyah Purba Baru Kabupaten Mandailing Natal yang bersedia dan menyambut hangat kedatanggannya,” Sebagai Anggota DPR RI asal Daerah Pemilihan Sumut II, sudah menjadi tanggungjawab kami untuk mengunjungi dan mendengar aspirasi rakyat, kami harus mengunjungi 19 Kabupaten untuk menyerap aspirasi dan sekaligus mensosialisasikan program pemerintah saat ini”, ujarnya.

Menyahuti usulan Ustadz Roni Rahmat mengenai Fasilitasi UMKM dan peningkatan perekonomian di lingkungan Pondok Pesantren, Sihar yang merupakan Anggota Komisi 11 Membidangi Perekonomian mengatakan terkait hal tersebut sejalan dengan program yang dicanangkan pemerintah saat ini,” sangat sejalan dengan program yang dicanangkan bapak Joko Widodo Presiden kita saat ini, jadi kami akan memperjuangkan hal tersebut”, katanya.

“Beradasarkan program pemerintah saat ini, seperti program-program strategis di Kementerian Koperasi dan UKM dapat disinergikan dengan program pondok pesantren, diantaranya melalui Koperasi Pondok Pesantren atau Program UMKM lainya dan juga dibutuhkan pendidikan dan pelatihan kewirausahaan (entrepreneurship), serta promosi dan pemasaran produk pesantren, maka kami pikir semua akan sejalan”, tutupnya.

Usai melakukan sosialisasi, Sihar dan beberapa guru terlibat banyak diskusi mengenai kebangsaan dan program pemerintah. Seusai kegiatan guru Ponpes Musthafawiyah Purba Baru dan Sihar menggelar poto bersama.

Malam Keakraban

Kegiatan malam keakraban antara pemkab, masyarakat dan Sihar Sitorus berlangsung di rumah dinas bupati Kabupaten Mandailing Natal Desa Parbangunan Rabu (4/3.) malam.

Sihar di kesempatan itu menyatakan bahwa Kabupaten Mandailing Natal adalah Kabupaten yang mempunyai tempat istimewa dihatinya.

“Datang ke Madina saya bahagia sekali, ada sensasi yang tak dapat saya lukiskan ketika berada di kabupaten yang luar biasa ini, dan saya selalu berharap dapat selalu berada disini untuk dapat berbuat dalam proses pembangunan Kabupaten yang saya yakini akan menjadi kabupaten yang maju,” ungkap Sihar saat menyampaikan kata sambutan.

Hadir dalam Jamuan makan malam Kapolres Mandailing Natal yang baru AKBP. Horas Tua Silalahi, Sik, M. Si, Kejaksaan Madina, unsur FKPD, Para Pimpinan seluruh Bank di Madina, Pemimpin Umum Media Madina Pos Ir. Ali Mutiara Rangkuti, Anggota DPRD Kabupaten Mandailing Natal dan Pimpinan Partai Politik.

Bupati Madina Drs. Dahlan Hasan Nasution dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga kepada Sihar Sitorus yang kemudian disebut sebagai adik yang telah memilih kabupaten Mandailing Natal sebagai tempat Reses. “ Ini sesuatu yang penting buat Kabupaten Madina  sebab kita tahu Bersama bahwa Adinda berada di Komisi XI yang membidangi Perekonomian dan Keuangan dan ini sangat sejalan dengan beberapa program pembangunan ekonomi yang sedang kita focuskan,” papar Bupati.

Dikatakan juga bahwa pembangunan sector ekonomi yang sedang digalakkan pemerintah Kabupaten Mandailing Natal adalah program Nasional bahkan beberapa produk yang di prioritaskan adalah program yang telah didukung oleh investor Nasional dan bahkan Luar Negeri. “ Kopi Mandailing adalah komoditas yang telah mendunia dan menjadi primadona, proyeksinya adalah kita akan menanam Kopi seluas ribuan hektar, demikian juga Minyak Serai, Pisang, Nanas dan banyak lagi. Kita berharap kepada adinda untuk membantu kami memudahkan ini semua,” harap Bupati.

Hibahkan Tanah
Untuk Kantor PDIP

Di kesempatan Kamis, Sihar menghibahkan tanah untuk pertapakan kantor DPC PDI Perjuangan di kawasan Parbangunan, Panyabungan, Madina.

Lahan ini kelak akan dibangun gedung sekretariat partai yang permanen dalam upaya PDI Perjuangan memiliki kantor sendiri di Madina.

Di hari itu, Sihar juga melakukan pertemuan dengan para fungsionaris DPC PDI Perjuangan Madina serta para kader di sekretariat DPC PDI Perjuangan Madina di Dalan Lidang, Panyabungan.

 

Peliput : Dahlan Batubara
Sumber tambahan : Madina Pos

Comments

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: