Home / Seputar Madina / Songsong 1 Muharram, Pawai Obor dan Tablig Akbar Berlangsung Besok Malam

Songsong 1 Muharram, Pawai Obor dan Tablig Akbar Berlangsung Besok Malam

Pawai Obor menyambut 1 Muharram di Panyabungan tahun lalu

PANYABUNGAN (Mandailing Online) Menyambut 1 Muharram 1441 Hijriah, Pawai Obor dan Tablig Akbar akan dilangsungkan di Mandailing Natal, besok, Sabtu malam (31/8/2019).

Lokasinya dipusatkan di dua lokasi, yakni di Panyabungan dan Sinunukan, dengan waktu yang bersamaan.

Berdasar jadwal yang tetapkan panitia, pawai obor di Panyabungan dilangsungkan ba’da Isya sekira pukul 20.00 WIB. Pawai obornya dimulai dari jembatan Pidoli menuju bundaran Taman Panyabungan seterusnya ke masjid raya, Pasar Lama Panyabungan.

Di masjid ini selanjutnya akan dilangsungkan tablig akbar.

Sementara itu, di Kecamatan Sinunukan selain pawai obor, juga dilangsungkan tauziah yang berpusat di lapangan Sinunukan.

Pelaksanaan pawai akbar dan tabligh akbar ini digagas organisasi kepemudaan yang ada di Mandailing Natal dan Kecamatan Sinunukan.

Oleh karena itu, kepada kaum muslimin untuk dapat hadir dalam pelaksanaan pawai obor dan tabligh akbar di dua lokasi tersebut sesuai dengan domisili masing-masing.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Madina, Tan Gozali melalui Wakil Ketua Bidang Keagamaan, Samsul Hidayat Borotan menjawab Mandailing Online, Jum’at (30/8/2019) mengajak semua elemen untuk mensukseskan kagiatan tersebut.

Dia berharap pawai obor dan tablig akbar menjadi kegiatan tahunan secara rutin dalam menyambut tahun baru Hijriah.

Kegiatan besok, menurutnya, merupakan kali ketiga yang dilakukan secara rutin oleh gagasan organisasi kepemudaan.

Untuk tahun-tahun mendatang, dia berharap kepada Pemkab Mandailing Natal mengambil alih pelaksanaan pawai dan tablig ini di setiap malam tahun baru Hijriah agar dapat terlaksna secara rutin.

Bukan saja pemerintah daerah, harapannya juga agar para kepala desa menyelenggarakan hal serupa di masing-masing desa, dan itu dimungkinkan jika pendanaannya dimasukkan dalam program Dana Desa.

Pawai obor dan tablig akbar merupakan hal yang sangat urgen dalam upaya meningkatkan dimenssi relegiusitas di kalangan ummat di Mandailing Natal, terutama kalangan muda, mengingat Madina adalah kota Santri dan Serambi Mekkahnya Sumut serta motto Negeri Beradat Taat Beribadat.

 

Peliput : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: