Home / Berita Sumut / Sumut Ambisi Menjadi Tuan Rumah PON Tahun 2020

Sumut Ambisi Menjadi Tuan Rumah PON Tahun 2020


MEDAN :
Keberadaan Gedung Serba Guna di Jalan Pancing Medan yang saat ini pembangunanya masih dalam tahap perampungan, dapat menjadi modal dasar bagi Sumatera Utara mewujudkan cita-cita menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional 2020.

Kasubdis Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumatera Utara, Sakiruddin di Medan, Rabu, 23 Februari 2011, mengatakan, Gedung Serba Guna (GSG) yang diperkirakan selesai akhir 2011 itu sangat penting artinya dalam upaya mengkampanyekan Sumut menjadi tuan rumah PON 2020.

Keberadaan GSG yang diperkirakan berkapasitas tujuh ribu penonton itu juga diharapkan dapat meyakinkan semua pihak terutama pusat bahwa Sumut layak menjadi tuan rumah disamping berbagai sarana dan prasarana olahraga yang saat ini sudah ada.

“Kita berharap GSG itu bisa selesai secepatnya mengingat biding (penawaran) daerah mana saja yang mencalonkan diri sebagai tuan rumah PON sudah dimulai tahun 2012. Dengan adanya GSG ini diharapkan pusat lebih yakin bahwa Sumut siap menjadi tuan rumah PON 2020,” katanya.

Dewasa ini Pengprov Sumut dalam hal ini Dispora bersama Komisi E DPRD dan Koni Sumut sedang mempersiapkan tim kampanye yang nantinya bertugas melakukan pendekatan-pendekatan pada daerah lain agar memberikan dukungan untuk menjadi tuan rumah PON 2020.

Paling lambat Maret 2011 mendatang SK tim untuk kampanye Sumut tuan rumah PON 2020 sebagai calon tuan rumah sudah selesai. Mengenai siapa saja yang akan masuk dalam tim tersebut, menurut dia, masih akan digodog lagi antara ketiga lembaga tersebut. “Tentunya unsur yang akan masuk dalam tim tersebut juga termasuk dari ketiga lembaga itu.Tim yang dari DPRD Sumut akan meloby DPRD provinsi lainnya, KONI akan melobi KONI dan eksekutif akan meloby eksekutif, yang tujuan akhirnya agar mereka memberikan dukungan kepada Sumut,” katanya.

Ia mengatakan, harapan untuk menjadi tuan rumah PON memang sudah menjadi kerinduan seluruh masyarakat Sumut, karena sampai saat ini baru sekali menjadi tuan rumah yakni tahun 1953 dan sampai sekarang Sumut belum pernah lagi menjadi penyelenggara even olah raga terbesar di Indonesia itu.

Dengan selesainya GSG tahun ini, maka Sumut masih memiliki sekitar delapan tahun lagi mempersiapkan diri dan Sumut juga hanya perlu membuat beberapa GOR tambahan dengan kapasitas seribu sampai seribu lima ratus penonton.

Diperkirakan hanya dengan penambahan delapan GOR lagi sudah cukup memadai, karena didukung oleh fasilitas-fasilitas GOR lainnya yang sudah ada seperti di beberapa perguruan tinggi. Artinya jika kemungkinan Sumut menjadi tuan rumah, maka pemenuhan sarana dan prasaran tidak terlalu banyak lagi yang harus dibuat.

“Paling kita hanya perlu membuat sarana beberapa lagi seperti untuk cabang sepatu roda, menembak, panahan, sofball. Ini kan tidak terlalu sulit apalagi itu outdoor semua. Intinya kita yakin dapat menjadi tuan rumah PON 2020, tentunya kita sangat mengaharapkan doa seluruh masyarakat Sumut agar harapan ini dapat tercapai,” katanya.(an)
Sumber : Eksposnews

Comments

Komentar Anda

%d blogger menyukai ini: