Home / Budaya / Film Senandung Willem Mengungkap Sejarah Terlupakan

Film Senandung Willem Mengungkap Sejarah Terlupakan

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Penggarapan film “Senandung Willem” oleh sutradara Askolani Nasution suatu bukti para sineas Mandailing getol memperjuangkan penguatan sejarah Willem Iskander atau Ali Sati Nasution yang nyaris terlupakan.

Jika sejarah itu dibiarkan hilang, sama artinya menghilangkan sejarah perjuangan dan pengorbanan Willem Iskander bagi tanah Mandailing dan Nusantara di masa lampau.

“Kita berharap semua pihak, baik itu eksekutif, legilsatif dan lebih-lebih putra Madina di perantauan untuk memberikan dukungan dan bantuan bagi kesuksesan pembuatan film Willem Iskander, karena film ini merupakan bukti sejarah bagi anak cucu kita di masa mendatang,” kata Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Mandailing Natal (Madina) Iskandar Hasibuan, Rabu (19/6/2013).

Dikatakannya, film “Biola Na Mabugang” dan “Tias” telah sukses beredar di tengah-tengah masyarakat dan saat ini pembuatan “Senandung Willem” diharapkan lebih sukses.

“Apalagi pembuatan film ini telah direncanakan dengan matang oleh Tympanum Novem Films selaku pihak yang memproduksi, dan sutradara Askolani Nasution yang merupakan tokoh budaya yang masih muda serta energik,” katanya.

Dikatakannya, meski film ini nantinya banyak kekurangan dari sisi teknologi dan atribut, rakyat Mandailing harus bangga karena masih ada yang peduli dengan sejarah dan budaya.

“Sebab, hanya dengan pembuatan film itulah kita akan tetap mengenang sejarah kita,” katanya.

Peliput : Maradotang Pulungan
Editor : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

2 comments

  1. Dear Askolani Nasution,
    Jujur saja kita katakan bahwa Willem Iskander ini adalah referensi kehidupan atau sosok panutan yang diharapkan Orang tua kita kepada kita termasuk saya sendiri sewaktu masih kecil sering di ceritakan orangtua tentang kisah Willem Iskander ini kepada anak anaknya , sebagai memupuk motivasi akar lebih giat lagi belajar di sekolah dan ceritanya macam macam mulai dari cerita yang menggugah pemikiran sampai pada ajaran moral , dan Orang tua saya tidak pernah bosan menceritakan kisah Willem Iskander ini kepada anak anaknya dan menceritakan betapa hebatnya orang orang yang berpendidikan di kemudian hari seperti Willem Iskander Mandailing masih gelap tapi Dia sendiri yang berpendidikan sudah terang dan karena kepintaran beliau dalam cerita ayah saya jika ada pelepah kelapa yang jatuh di tiup angin mendengar suara jatuhnya saja Willem Iskander sudah tahu berapa itu lidinya /sirip daunnya dan juga mendengar suaranya saja terbang lalat di sekitarnya Willem Iskandar sudah dapat memastikan apakah itu lalat jenis kelaminnya jantan atau betina , begitulah hebatnya rasa salutnya ayah saya kepada tokoh yang akan kita bicarakan ini . Menurut saya tidak perlu salut seperti itu walau bagaimanapun kita harus rasional dan masuk akal karena Willem Iskanderpun adalah Manusia biasa dan pendapatnya pun harus di buktikan kebenarannya dari uraian ini nampak sekali Orang tua saya ingin sekali anaknya jadi orang bersekolah meniru Willem Iskander maka abang saya no2 disuruhnya sekolah ke perguruan tinggi tetapi Jurusan yang jarang sekali di masuki Orang yaitu jurusan Matematik dan sekarang sudah menjadi Master kuliah dari Malaysia , tetapi dulu orang tua saya sempat ragu apakah nanti jurusn matematik dapat dipergunakan ilmunya, dan belum lagi selesai pergolakan pikiran ayah saya tentang abang saya muncul lagi saya yang mengambil jurusan teknik kimia dan setelah lulus bekerja pada industri kimia di Pulau Batam dan adik saya mengambil jurusan teknologi pertanian di IPB dan stelah lulus bekerja di Kebun Sawit di daerah Kalimantan sekarang di Sum Sel. begitulah kisah motivasi dari Willem Iskander waktu dulu juga murid muridnya sangat piawi dalam belajaran Matematika. kesimpulan dari orang tua saya kulliah dengan mengambil jurusan yang tidak terkenal saat ini belum tentu tidak terkenal pada waktu yang akan datang . lagi pula belajar tujuannya adalah mencari ilmu bukan untuk cari duit. Demikianlah saya utarakan kisah motivasi dari Willem Iskander semoga kita lebih arif lagi mengambil manfaatnya.

Silahkan Anda Beri Komentar