Home / Seputar Madina / Pemkab Madina Rencanakan Pembangunan Museum Mandailing

Pemkab Madina Rencanakan Pembangunan Museum Mandailing

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mulai menggagas pembangunan Museum Mandailing dan Bagas Godang.

Pemkab Madina saat ini masih tahap menyiapkan proposal. Anggaran biayanya direncanakan berasal dari APBD Madina dan sumbangan para perantau yang sudah sukses.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Budaya dan Pariwisata Madina, Meinul Lubis, Senin (16/9/2013) menyatakan di dalam museum itu nantinya akan diisi berbagai pakaian adat, seni dan budaya Mandailing, serta simbol-simbol yang menjelaskan sejarah suku Mandailing.

Dia juga menyebutkan, lokasi museum ini rencananya akan berada di pusat kota Panyabungan, sehingga seluruh masyarakat Madina bisa mengunjungi sekaligus menjadi referensi pengetahuan sejarah Mandailing.

“Selain museum Mandailing, rencananya akan dibangun juga gedung serbaguna berukuran besar yang bisa dijadikan tempat musyawarah, baik bagi pemerintah maupun wiraswasta dan masyarakat. Harapannya bisa menjadi sumber PAD,” katanya.

Dia mengajak para perantau sukses asal Madina untuk sama-sama membantu rencana pembangunan Bagas Godang dan Museum Mandailing ini.

“Karena dengan bantuan berupa material dan finansial, rencana itu akan bisa terwujud,” ujarnya.

Dijelaskan, rencana pembangunan ini akan terlaksana bergantung dari kesepakatan oleh masyarakat perantau yang telah sukses. Dimana Pemkab Madina akan mengajukan proposal dan taksasi biaya.

Editor : Dahlan Batubara
Sumber : Metro Tabagsel

Comments

Komentar Anda

10 comments

Silahkan Anda Beri Komentar