Home / Seputar Madina / 1 Positif, 27 OTG di Madina

1 Positif, 27 OTG di Madina

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Sebanyak 27 orang ditetapkan dalam status OTG di Kabupaten Mandailing Natal, Sumut.

Perkembangan itu menyusul seorang pria berinisial ARL (usia 55 tahun) asal Desa Padang Bulan Muara Soro, Kotanopan, Mandailing Natal terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19.

Pria itu kini dalam perawatan di RS Martha Friska Medan.

ARL ditetapkan positif berdasar hasil swab test yang diterbutkan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 3 Juni 2020.

ARL selama ini menetap di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Dia melakukan perjalanan dari Kota Tangerang Selatan ke Madina untuk melayat ibunya yang meninggal dunia di Desa Padang Bulan Muara Soro. Tiba di desa itu pada tanggal 19 Mei 2020.

Sewaktu hendak kembali ke Tangerang Selatan, ARL mengambil surat keterangan bebas Covid-19 ke Puskesmas Kotanopan. Setelah dilakukan pemeriksaan, hasilnya ARL terindikasi virus Corona. Lantas ia dirujuk ke RSU Panyabungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Hasil pemeriksaan rapid test, ARL dinyatakan reaktif. Selanjutnya dia dirujuk ke RSU Martha Friska Medan. Kemudian saat diambil sampel swab dilakukan pemeriksaan PCR, hasilnya positif COVID-19.

Bupati Mandailing Natal, Dahlan Hasan Nasution didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Syarifuddin Nasution dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Sahnan Pasaribu kepada wartawan, Jum’at (5/6/2020) di rumah dinas bupati menjelaskan bahwa Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Mandailing Natal telah melakukan pemeriksaan kepada keluarga dekat ARL.

Pemeriksaan terutama dilakukan kepada orang-orang yang berpotensi kontak dengan ASL selama berada di Padang Bulan Muara Soro Kotanopan terhitung mulai tanggal 19 Mei.

“Dan, ada 150 orang yang sudah dilakukan rapid test,” ungkap bupati.

“Kita gerak cepat, tim gugus tugas langsung melakukan pemeriksaan rapid tes,” imbuhnya.

Dari sekitar 150 orang yang sudah diperiksa, sebanyak 27 distatuskan sebagi OTG (Orang Tanpa Gejala) dan saat ini isolasi mandiri di rumah masing masing.

Sementara itu, di Kecamatan Panyabungan terkonfirmasi sebanyak 4 orang berstatus ODP (Orang Dalam Pengawasan) dan 2 orang PDP (Pasien Dalam Pengawasan).

Dua orang PDP itu diisolasi di RSU Panyabungan. Sedangkan 4 orang ODP isolasi mandiri di rumah masing masing.

Dengan demikian, hingga posisi Jum’at sore 5 Juni 2020 jumlah ODP 4 orang, PDP 2 orang, OTG 27 orang, positif 1 orang.

Editor : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: