Home / Seputar Madina / 23 Puskesmas di Madina Sudah Terakreditasi

23 Puskesmas di Madina Sudah Terakreditasi

 

Para pemenang lomba di HKN ke 55 di Madina

 

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Dari 26 jumlah total jumlah puskesmas di Madina, 23 sudah terakreditasi.

Dari 23 itu, 20 puskemas diantaranya suratnya sudah turun dan 3 lagi masih dalam proses.

Berdasar klasifikasi, dari 20 puskesmas tersebut terdapat 2 Akreditas Utama, 13 Akreditas Madya, dan 5 Akreditas Dasar.

Itu diungkap Kepala Dinas Kesehatan Mandailing Natal (Madina), dr Syafruddin Nasution di kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 di Taman Raja Batu, Panyabungan, Rabu (20/11/2019).

Akreditasi Puskesmas adalah pengakuan terhadap puskesmas yang diberikan oleh Lembaga Independen Penyelenggara Akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan setelah dinilai bahwa puskesmas tersebut memenuhi standar akreditasi.

Akreditasi Puskesmas bertujuan untuk memicu dan membangun tata kelola yang lebih baik secara bertahap dan berkesinambungan.

Peringatan HKN itu diisi dengan berbagai kegiatan antara lain donor darah, pememberian penghargaan bagi tenaga kesehatan yang berprestasi dan pembagian lock drow.

Dalam kesempatan tersebut dr Syarifuddin Nasution menyampai dalam rangka peringatan HKN ke 55 telah juga dilaksanakan berbagai perlombaan seperti lomba kader teladan, bidan desa terbaik, lomba balita sehat, lomba posyandu terbaik, lomba isi piringku, lomba senam germas.

Sementara Bupati Madina, Dahlan Hasan Nasution menyampaikan bahwa saat ini ada 5 isu strategis nasional di bidang kesehatan yang menjadi perhatian besama yaitu stunting, kematian bayi, dan ibu melahirkan, imunisasi, tuberculosis paru serta penyakit tidak menular.

“Untuk itu saya mengajak semua untuk saling mendukung demi pemberantasan masalah kesehatan,” katanya.

Saya berharap kegiatan HKN ini sebagai ajang mensosialisasikan kegiatan untuk menwujudkan masyarakat indonesia sehat,”ujarnya. (dab)

Comments

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: