Seputar Madina

65,21 Persen ODGJ Berat di Madina Sudah Dapat Pelayanan

PANYABUNGAN (Mandailing Online) –  jumlah penderita Orang Dengan Gangguan Jiwa Berat (ODGJ) tahun 2022 di Kabupaten Mandailing Natal terdapat 420 orang, Skizoprnia 418 orang, dan Psikotik Acut 2 orang. Sementara pasien yang di Pasung ada 20 orang, namun dari 20 pasien pasung ini terdapat 3 orang pasien pasung Situasional atau (Lepas buka pasung). data ini diperoleh saat Workshop Pelayanan Kesehatan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) berlangsung di aula ladang sari lintas timur panyabungan rabu 7/6/2023.

Kepala Dinas Kesehatan Madina dr.M Faisal Situmorang menjelaskan, ODGJ yakni orang yang memiliki masalah pada kejiwaannya yang mempengaruhi cara berpikir, berperilaku, serta emosinya dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi tersebut menyebabkan penderitanya kesulitan menjalani hidup dengan normal, terutama dalam berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya.

Dalam hal ini, Pemerintah kata Faisal memiliki tanggung jawab penuh dalam upaya pelayanan kesehatan bagi ODGJ harus segera ditangani agar mendapatkan penanganan yang tepat dan juga memberikan pelayanan dan solusi, juga memberikan edukasi dan motivasi kepada keluarga akan pentingnya pemeriksaan dan pengobatan penderita secara teratur dan berkesinambungan.

Kadis Kesehatan juga beberkan bahwa pencapaian pelayanan ODGJ berat di Kabupaten Madina yang sudah ditangani mencapai 65,21 persen. (Dedek)

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.