Home / Seputar Madina / Bupati Bentuk Tim Tangani Bayi Lahir “Gastroschisis”

Bupati Bentuk Tim Tangani Bayi Lahir “Gastroschisis”

Bupati Madina, Jakfar Sukhairi Nasution (pakai peci) didampingi Direktur RSU Panyabungan, dr. Rusli Pulungan membesuk bayi tersebut di RSU Panyabungan, Rabu (1/9).

PANYABUNGAN(Mandailing Online) –  Bayi wanita lahir tidak sempurna di RSU Panyabungan, Selasa malam (31/8/2021). Bayi tersebut mengalami Gastroschisis.

Gastroschisis adalah kelainan yang membuat bayi lahir dengan usus atau organ pencernaan lain berada di luar tubuh. Kondisi ini dapat dideteksi sejak masa kehamilan, tetapi bisa juga baru diketahui ketika bayi dilahirkan.

Bupati Madina, Jakfar Sukhairi Nasution membesuk bayi tersebut di RSU Panyabungan, Rabu (1/9).

“Kita usahakan maksimal (penanganannya), tim sudah dibentuk, biaya kita upayakan dari Pemerintah Mandailing Natal,” ujarnya menjawab wartawan.

Bayi tersebut merupakan anak ketiga dari pasangan Us (27) dan AY (31) penduduk Desa Batang Gadis Jae, Kecamatan Panyabungan Barat, Mandailing Natal.

Spesialis bedah di RSU Panyabungan, dr.Nazir Tambunan mengatakan faktor penyebab Gastroschisis antara lain jenis obat-obatan yang dikonsumsi sang ibu saat hamil serta kurang kontrol ke dokter.

Sejauh ini kondisi sang ibu sehat.

Sementara itu Direktur RSUD Panyabungan, dr.Rusli Pulungan mengatakan untuk saat ini pihaknya masih menstabilkan kondisi bayi seraya mejajaki rumah sakit rujukan yang bisa menangan dengan perlengkapan khusus .

Peliput: Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: