Home / Seputar Madina / Bupati: Skabies Tidak Perlu Ditakuti

Bupati: Skabies Tidak Perlu Ditakuti

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Bupati Mandailing Natal (Madina) H. M. Jafar Sukhairi Nasution menyampaikan agar masyarakat tidak perlu takut dengan wabah skabies karena sudah jamak ditemukan tim medis dan obatnya juga sudah ada.

Hal itu disampaikan Bupati Sukhairi ketika meninjau posko konsultasi dan pengobatan gratis bagi warga terdampak skabies di Alaman Bolak Bagas Godang Kelurahan Kotasiantar, Panyabungan, Selasa (30/8).

“Wabah skabies ini berasal dari sebuah kutu, dan penyakit ini bisa menular dan tidak perlu ditakuti karena sudah biasa ditemukan tim medis,” ujar Bupati didampingi Kadis Kesehatan dr. Syafruddin Nasution.

Pada hari kedua pelaksanaan pengobatan gratis ini, sebanyak 184 orang mendaftar. Wabah skabies adalah penyakit gatal-gatal yang menyerang balita, remaja, orang tua bahkan lansia.

Rata-rata pasien yang datang berobat, kata Sukhairi mengalami gejala yang sama. Berupa gejala gatal terutama di selah jari tangan, perut, kaki, dan selangkangan.

“Untuk memutuskan mata rantai skabies tidak cukup dengan pengobatan, tetapi harus diiringi dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya pola kebersihan,” kata Sukhairi.

Sukhairi mengimbau masyarakat melalui kepala desa, lurah, dan camat agar melakukan sosialisasi dan edukasi pola hidup bersih dan sehat.

Salah satu pasien yang berobat Nur Asiyah menyebutkan penyakit gatal- gatal yang menyerang keluarganya sudah sekitar satu bulan.

“Awalnya anak anak yang kena, kemudian saya, suami saya, gatal kali hingga korengan bekas garukan.

Sebelumnya, Aisyah sudah pergi berobat ke mantri, tapi datang kembali bahkan semakin parah, saat diobati berkurang tapi datang lagi.

 

Peliput: Roy Adam

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: