Home / Seputar Madina / Dana Desa Pintupadang Jae Super Transparan

Dana Desa Pintupadang Jae Super Transparan

Plt. Kepala Desa Pintupadang Jae, Mukhsin Nasution (kiri) memberikan dokumen RAB kepada Adanan Saleh Batubara jurnalis dari Madina Pos di desa itu, Senin (28/10/2019).

 

SIABU (Mandailing Online) – Pemerintah Desa Pintupadang jae Kecamatan Siabu Mandailing Natal tergolong sangat transparan dalam pengelolaan Dana Desa.

Salah satu indikator keterbukaan (transparansi) itu siapa saja boleh meng-copy dikumen RAB (Rancangan Anggaran Biaya). Sehingga masyarakat dapat memantau pelaksnaan program Dana Desa berdasar acuan ril dokumen RAB.

RAB adalah dokumen yang memuat perhitungan rincian biaya yang diperlukan untuk setiap pekerjaan dalam proyek konstruksi dan non konstruksi, sehingga diperoleh estimasi biaya total yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek tersebut.

Adanan Saleh Batubara, jurnalis untuk Madina Pos membuktikan itu. Senin kemarin (28/10/2019) ketika dia melakukan tugas liputan, dia diberikan dokumen RAB oleh Plt. Kepala Desa Pintupadang Jae, Mukhsin Nasution S.Sos di desa itu.

Keterbukaan pemerintah desa itu juga mendapat apresiasi dari Badan Perwakilan Desa serta tokoh masyarakat Pintupadang Jae.

Ketua TPK Desa Pintupadang Jae, Ahmad Yusuf Nasution, Senin (28/10) mengatakan penggunaan Dana Desa tahun 2019 di desa itu cukup transparan.

“Di desa ini tidak ada yang ditutup-tutupi, semua implementasi penggunaan anggaran Dana Desa Tahun 2019 ini dapat diketahui semua warga dan bahkan jika ada yang mebutuhkan RAB, itu dapat diberikan potocopy-nya, yah silahkan dicek saja,” ungkapnya.

Hal senada, Ketua BPD Pintupadang Jae, Mukti Ali Nasution menyatakan “ini kampung kita, yang terbaik pasti kita perbuat”.

“Ini saya juga memegang RAB, sebagaimana tugas dan tanggujawab saya sebagai BPD maka akan saya awasi sedaya mampu saya,  tujuannya hanya satu untuk tercipta transparan pengelolaan Dana Desa di desa ini,” imbuhnya.

Sementara itu,  Abdul Hasim Nasution, tokoh masyarakat yang selam ini dikenal sangat kritis atau selalu oposisi di desa itu justru menyampaikan apresiasinya.

“Di bawah kepemimpinan Bapak Plt. Mukhsin Nasution yang saya lihat dengan mata kepala saya sendiri, realisasi Dana Desa cukup tranparan,  ini sangat saya apresiasi”, ujarnya.

Sumber : Madina Pos/Adanan Saleh Batubara

Editor : Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: