Home / Berita Nasional / Dinkes Periksa Para Pemudik di Bakauheni

Dinkes Periksa Para Pemudik di Bakauheni


KALIANDA :
Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Selatan akan memeriksa kesehatan pemudik di Pelabuhan Bakauheni sebelum meneruskan perjalanan menuju sejumlah kota di Pulau Sumatera selama angkutan Lebaran.

Kasie Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan Dinkes Lampung Selatan Mediana mengatakan pemeriksaan tersebut untuk mengatahui kondisi kesehatan pemudik layak atau tidak meneruskan perjalanan.

“Jika pemudik tampak mengalami gangguan kesehatan maka akan dilarang meneruskan perjalanan untuk beristiahat dan mendapatkan pengobatan di posko kesehatan,” katanya di Kalianda, Rabu 17 Agustus 2011.

Menurutnya, pemeriksaan akan diprioritaskan untuk pemudik roda dua yang sangat rawan kecelakaan saat angkutan mudik.

Pemeriksaan tersebut, kata dia, dilakukan saat pemudik roda dua akan diberangkatkan dengan pengawalan oleh Satuan Lalu Lintas Polres Lampung Selatan di pintu ke luar Pelabuhan Bakauheni.

Mediana menjelaskan, potensi gangguan kesehatan sangat mungkin terjadi bagi para pemudik karena telah menempuh perjalanan jauh dari sejumlah kota di Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera.

“Kami harap pemudik memperhatikan imbaun ini, demi keselamatan bersama selama mudik-balik bagi pengendara roda dua terutama yang berboncengan dan membawa barang bawaan banyak,” imbuh Mediana.

Dia menambahkan, Dinkes Lampung Selatan memberikan layanan kesehatan dengan menyediakan pos koordinasi kesehatan dengan peralatan medis lengkap untuk menangani pemudik yang mengalami gangguan kesehatan dan kecelakaan.

“Kami menyiagakan paramedis dan dokter secara bergantian yang terbagi dalam tiga ‘shift’ selama 24 jam,” ujarnya.

Nantinya, lanjut Mediana, semua pemudik yang sakit akan mendapatkan pertolongan melalui posko tersebut, namun jika kondisinya parah akan dirujuk ke Rumah Sakit Kalianda atau Rumah Sakit Umum Abdoel Moloek Bandarlampung.

“Selain peralatan medis lengkap, posko tersebut juga menyiapkan sejumlah kendaraan ambulans untuk melayani kebutuhan pemudik,’ katanya.

Dia mengimbau, bagi pemudik yang baru tiba atau akan berangkat namun mendapat gangguan kesehatan lebih baik memeriksakan diri ke posko tersebut untuk ditangani secara gratis oleh petugas kesehatan.(an)
Sumber : eksposnews.com

Comments

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: