Home / Seputar Madina / DPC Ikanas Sambut Positif Sertifikat Bebas Frambusia untuk Madina

DPC Ikanas Sambut Positif Sertifikat Bebas Frambusia untuk Madina

Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution Bersama Kadis Kesehatan dr. Syarifuddin Nasution/Istimewa.

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Pemkab Madina) memperoleh Sertifikat Eradikasi Frambusia mendapatkan respon positif dari DPC Khusus Ikanas Madina.

Penghargaan untuk daerah bebas Frambusia tersebut diterima oleh Wakil Bupati Atika Azmi Utammi Nasution di sela-sela Peringatan Hari Malaria Sedunia yang dipusatkan di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (31/5).

Ketua Harian DPC Khusus Ikanas Moechtar Nasution mengatakan, capaian Pemkab Madina ini penting dan layak untuk diapresiasi karena telah menjadi bukti nyata keberhasilan menjalankan program yang sistematis dan terencana.

“Ini sebagai bukti dan wujud nyata keberhasilan Madina dalam melakukan kegiatan secara sistematis, terencana, dan berkelanjutan untuk membasmi dan menghilangkan Frambusia secara permanen khususnya di wilayah Mandailing Natal,” kata Moechtar.

Ketua Harian DPC Khusus Ikanas menambahkan, hasil yang diperoleh Pemkab Madina ini tidak tidak terlepas dari ikhtiar, upaya kolektif, dan kerja keras di antara stake holder dan masyarakat, khususnya Dinas Kesehatan di bawah pimpinan dr. H. Syarifuddin Nasution yang juga merupakan Ketua DPC Khusus Ikanas Madina.

“Harapan kita sama seperti dengan masyarakat lainnya agar Pemkab Madina ke depan terus berupaya agar pencapaian positif ini dapat terjaga dengan baik sembari berupaya untuk terus meningkatkan taraf hidup kesehatan masyarakat,” sebut Mochtar yang didampingi Faisal Jamalayu Nasution.

Seperti diketahui, Wakil Bupati Madina  Atika Azmi Utammi Nasution secara langsung menerima sertifikat Eradikasi Frambusia yang diserahkan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) Kementerian Kesehatan RI Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS.

Penyakit Frambusia adalah penyakit kulit menular menahun yang kambuhan. Penyebab penyakit ini adalah kuman Treponema Perteneu yang menyebabkan infeksi pada kulit.

Penyakit ini umumnya tumbuh dan berkembang di daerah tropis, panas, dan hujan. Selain itu kebersihan lingkungan merupakan faktor penting perkembangan penyakit ini.

 

Peliput: Roy Adam

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: