Home / Seputar Madina / Harkitnas 2022: Ajakan Bangkit dari Pandemi

Harkitnas 2022: Ajakan Bangkit dari Pandemi

Bupati Madina Pimpin Upacara Harkitnas Tahun 2022/Istimewa.

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun 2022 yang mengusung tema “Ayo Bangkit Bersama” merupakan ajakan untuk bersama-sama bangkit dari pandemi Covid-19.

“Ayo Bangkit Bersama menjadi tema peringatan hari kebangkitan nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda 2 tahun terakhir,” kata Bupati Mandailing Natal (Madina) H. M. Ja’far Sukhairi ketika memimpin upacara peringatan ke-114 Harkitnas di Bumi Gordang Sambilan.

Dalam pidatonya Bupati Sukhairi mengingatkan kembali sejarah Harkitnas.

“Pada tanggal 20 Mei 1948 Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya Perkumpulan Boedi Oetomo sebagai hari bangkitannya nasionalisme Indonesia,” jelasnya.

Di masa itu, jelas Sukhairi, terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa.

“Sehingga semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dari menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa,” lanjutnya.

Korelasi tema dengan keadaan pandemi ini diterangkan Sukhairi bahwa capaian vaksinasi covid-19 dosis kedua juga sudah mencapai 79%.

Sukhairi berharap masyarakat harus tetap waspada dan terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan.

“Penanganan Covid-19 yang membaik berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal,” jelasnya.

Peringatan Harkitnas yang dilaksanakan di halaman Masjid Agung Nur Alan Nur ini dihadiri Ketua TP PKK Madina Hj Eli Mahrani HM Ja’far Sukhairi Nasution, Kapolres Madina AKBP H. Muhammad Reza Chairul AS, Wakil Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Nasution, Pabung Madina Mayor Inf. David Sidabutar dan para undangan.

 

Peliput: Roy Adam

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: