Home / Seputar Madina / Kabid Pasar Jamin Seluruh Pedagang Tempati Relokasi Pasar Baru Panyabungan

Kabid Pasar Jamin Seluruh Pedagang Tempati Relokasi Pasar Baru Panyabungan

Akhyar Rangkuti

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Pihak Pemkab Mandailing Natal menjamin seluruh pedagang akan ditampung di lokasi relokasi Pasar Baru Panyabungan.

Itu dipastikan Kabid Pasar Dinas Perindustrian Perdagangan Kabupaten Mandailing Natal, Akhyar Rangkuti menjawab Mandailing Online, kemarin di ruang kerjanya.

Dikatakannya, seluruh pedagang, baik yang selama ini di kios, los maupun pedagang yang selama ini menempati pelataran akan terjamin menempati lokasi relokasi.

Berdasar data yang ada di Dinas Perindustrian Perdagangan Kabupaten Mandailing Natal, jumlah pedagang yang selama ini menempati kios Pasar Baru Panyabungan sebanyak 750 pedagang; yang di los sebanyak 300 pedagang dan yang berada di pelataran sebanyak sekitar 300 lebih pedagang. Totalnya sekitar 1.441 pedagang.

Estimasi jumlah pedagang itu dipastikan cukup tertampung di lokasi sementara yang saat ini sedang dipersiapkan oleh Pemkab Madina di belakang komplek Pasar Baru Panyabungan yang terbakar.

Akhyar menyebutkan, data pedagang yang selama ini menempati pelataran diperoleh berdasarkan data kutipan kebersihan yang dibayarkan pedagang pelataran.

Dia mengaku, memang ada pedagang lain yang selama ini bukan penghuni Pasar Baru Panyabungan bermunculan melakukan lobi kepada pihaknya. Namun, Akhyar menyatakan tetap tegas memprioritaskan pedagang penghuni Pasar Baru Panyabungan yang tercatat.

Komplek Pasar Baru Panyabungan terbakar pada 16 Juni 2018 lalu, akibatnya komplek itu tak lagi bisa ditempati. Pihak Pemkab Madina hingga kini masih melakukan proses pembangunan lokasi untuk merelokasi sementara para pedagang di belakang komplek yang terbakar.

 

Peliput : Dahlan Batubara / Maradotang Pulungan

Comments

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: