Home / Seputar Madina / Kepdes Sibanggor Julu Ralat Pernyataannya Tentang Atika Tak Temui Warga Pasca Insiden SMGP

Kepdes Sibanggor Julu Ralat Pernyataannya Tentang Atika Tak Temui Warga Pasca Insiden SMGP

Kepala Desa Sibanggor Julu, Awaluddin Nasution saat menyampaikan klarifikasi di aula kantor bupati Madina, Jum’at (16/9/2022).

 

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Kepala Desa Sibanggor Julu, Awaluddin Nasution, Jum’at (16/9/2022) mengklarifikasi tentang pernyataannya di media massa yang menyatakan Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi – selaku ketua Tim Investigasi – tidak pernah datang menemui warga di Sibanggor Julu pasca semburan gas di  PT SMGP yang terjadi 24 April 2022.

Namun, fakta yang sebenarnya, kata Awaluddin, adalah bahwa Atika Azmi Utammi ternyata jelas-jelas datang ke Sibanggor Julu pasca peristiwa itu, bahkan Awaluddin justru menyambut Atika dan mendampinginya selama kunjungan Atika di desa itu.

Oleh karena itu, Awaluddin menyampaikan kesilapannya dalam betuk klarifikasi.

Klarifikasi itu disampaikannya pada konfrensi pers di aula kantor Bupati Mandailing Natal, Jum’at (16/9/2022) didampingi Camat Puncak Sorik Marapi, Ridwan Lubis.

Klarifikasi ini penting baginya untuk mengembalikan kesilapannya kepada fakta yang sebenarnya.

“Klarifikasi terhadap informasi yang kami sampaikan terdahulu terkait yang menyatakan bahwa ibu wakil tidak hadir pada kejadian T-012 (wall-pad T-12 – red). Ternyata itu kekeliruan kami. Rupanya pada saat itu, ternyata bu wakil secara bersengaja berhadir bersama (saya – red) selaku kepala Desa Sibanggor Julu,” ungkapnya.

“Tapi namanya juga sebagai manusia tidak luput kadang dari kesalahan dan kesilapan,” imbuh Awaluddin.

“Dengan hari ini saya sampaikan bahwa pada saat itu ibu wakil jelas bersama kami pada saat (pasca – red) kejadian di Desa Sibanggor Julu,” katanya mengulangi.

Wakil Bupati Madina, Atika Azmi Uttammi (tengah) saat berada di Desa Sibaggor Julu pasca insiden gas PT SMGP, April lalu.

Sekedar diketahui, Kepala Desa Sibanggor Julu Awaluddin dalam pernyataan yang diwawancarai media Beritahuta dan HayuaraNet, menyatakan Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi selaku ketua Tim Investigasi kasus semburan gas di  PT SMGP yang terjadi pada, 24 April 2022, tidak pernah datang menemui warga di Sibanggor Julu pada saat dan pasca peristiwa 24 April itu.

“Seingat saya Bu Wakil Bupati (Atika Azmi Utami) tak pernah datang ke sini setelah kejadian 24 April 2022. Saat kejadian sebelumnya, 6 Maret  2022, beliau memang kesini bersama Pak Kapolres,” ujar Awaluddin yang dikutip BeritaHuta edisi Jum’at 16 September 2022, merujuk hasil wawancara Beritahuta dengan Awaluddin itu yang berlangsung di rumah Awaluddin di Desa Sibanggor Julu pada Selasa malam tanggal 13 September 2022.

HayuaraNet menerbitkan wawancara itu pada edisi Rabu 14 September 2022.

Di sisi lain, terkat tali asih PT SMGP kepada warga Sibanggor Julu, Awaluddin menyatakan dia selaku kepala Desa Sibanggor Julu bersama Camat Puncak Sorik Marapi, Ridwan Lubis akan melakukan konsolidasi menyelesaikannya.

“Terkait urusan penyelesaian talih asih dari perusahaan kepada masyarakat, kami atas nama kepala desa, camat, akan berkomitmen supaya penyelesaiannya itu terdelegasi agar dapat kami upayakan untuk dapat menyelesaikannya,” katanya.

Peliput: Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: