Home / Seputar Madina / Ketua Komisi I: Pemegang Mandat Penanganan Keuangan Daerah Perlu Berbenah

Ketua Komisi I: Pemegang Mandat Penanganan Keuangan Daerah Perlu Berbenah

PANYABUNGAN (Mandailing Online) – Ketua Komisi I DPRD Mandailing Natal (Madina) Zubaidah Nasution mengatakan pemegang mandat dalam penanganan keuangan daerah atau anggaran perlu berbenah.

Hal itu menanggapi opini wajar dengan pengecualian (WDP) yang diterima Pemkab Madina untuk pengelolaan keuangan tahun 2021.

“Berdasarkan laporan keuangan daerah yang kita terima, yang memegang mandat dalam penanganan keuangan atau anggaran perlu berbenah,” katanya, Senin (30/5).

Dengan tagline ‘Madina Bersyukur Madina Berbenah’ menurut Zubaidah pembenahan harus dilakukan pada semua lini, termasuk membuka diri menerima masukan dan sinergi dengan semua kalangan.

Ketua Komisi I ini pun berpesan agar Pemkab Madina tidak menutup diri dari meminta masukan dan pendapat putra-putri terbaik Madina yang telah berhasil di perantauan.

“Banyak putra daerah punya pemikiran maju dan menguasai penanganan masalah keuangan. Saya pikir tidak ada salahnya Pemkab Madina membangun sinergitas dengan mereka,” sebutnya.

Hal ini, jelas Zubaidah, untuk mewujudkan harapan bersama agar pengelolaan keuangan daerah bisa mencapai WTP.

“Hampir pada setiap pandangan fraksi dan pidato bupati selalu disampaikan harapan pencapaian WTP, tapi hari ini kita tetap menghasilkan WDP,” ungkapnya.

Zubaidah mencontohkan pengelolaan keuangan Koperasi Mitra Manindo (KMM) yang tahun ini berhasil mendapat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) sesuai audit yang dilakukan Kantor Akuntan Publik (KAP) Umar Juaro & Rekan di Medan.

“Tentu ini tidak sebanding dengan APBD Madina, tapi ini bisa jadi cerminan bagi kita dan Pemkab Madina dalam menangani dan mengelola keuangan daerah,” terangnya.

Namun, kata Zubaidah, keberhasilan KMM membina pelaku usaha, kinerja pengurus yang begitu solid, pengawasan dan pengelolaan keuangan yang baik menunjukkan bahwa para pengurus paham dan mengerti cara mengelola keuangan.

Untuk itu, Ketua KPPG ini pun secara pribadi mengapresiasi keberhasilan Koperasi Mitra Manindo (KMM) yang telah banyak membantu masyarakat, utamanya ibu rumah tangga.

“Kita mengapresiasi keberhasilan koperasi Manindo. Pengurus tidak hanya membantu masyarakat, terutama usaha ibu-ibu rumah tangga, tetapi juga menghindari dan menolong para pelaku usaha dari cengkeraman rentenir dan tengkulak,” katanya.

 

Peliput: Roy Adam

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: