Home / Seputar Madina / Masyarakat Gunung Baringin Rasakan Manfaat PNPM

Masyarakat Gunung Baringin Rasakan Manfaat PNPM

Panyabungan. Masyarakat Kelurahan Gunung Baringin, Kecamatan Panyabungan Timur, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) merasakan manfaat Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan. Terbukti dengan pebangunan jembatan rambin menuju sentara produksi masyarakat, yang dibangun dengan dana PNPM.
Demikian pengakuan masyarakat kepada MedanBisnis, Selasa (11/1), di Gunung Baringin. Menurut Abdullah (47), salah seorang warga, sebelum jembatan itu dibangun, masyarakat selama ini hanya berjalan kaki apabila menuju lokasi perkebunan, termasuk menggunakan tenaga manudia mengangkut hasil, seperti karet, kulit manis dan coklat.

Dengan dibangunnya jembatan, maka jalan sudha bias dilalui kendaraan roda dua, sehingga memudahkan warga ke perkebunan dna mengangkut hasilnya.

“Manfaatnya sangat kita rasakan, apalagi ketika kita membawa hasil komoditi perkebunan kita, kita sudah bisa membawa kenderaan meskipun itu hanya roda dua ” ujar Abdullah.

Selain jembatan rambin masyarakat kecamatan ini juga merasakan program PNPM lewat pembangunan jalan keliling rabat beton Desa Tanjung Jae, Madrasah di Desa Huta Tua, Huta Bangun, Huta Tinggi. Pembangunan dek untuk pengairan persawahan di Padang Laru dan pembukaan jalan menuju perkebunan rakyat Desa Parmompang dengan dana Rp 3 miliar.

Marahalim, tokoh masyarakat Tanjung Jae mengatakan, pembangunan rabat beton di desanya benar – benar bermanfaat bagi lancarnya arus lalu lintas dan tidak becek lagi apabila musim hujan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran PNPM Mandiri Perdesesaan ini. Mungkin kalau tidak ada program ini jalan keliling di desa kita saat belum terbangun. Karena itu saya berharap untuk tahun – tahun berikut pemerintah terus melanjutkan program tersebut,” harapnya.
(zamharir rangkuti)
Sumber : Medan Bisnis

Comments

Komentar Anda

%d blogger menyukai ini: