Home / Ekonomi / Pedagang Prediksi Harga Daging 170 Ribu Jelang Idul Fitri

Pedagang Prediksi Harga Daging 170 Ribu Jelang Idul Fitri

Ilustrasi

JAKARTA (Mandailing Online) – Pedagang memprediksi harga daging sapi menyentuh Rp170 ribu per kg menjelang Hari Raya Idul Fitri. 

Prediksi itu berdasar pergerakan harga daging sapi saat ini yang merangkak naik dari Rp110 ribu per Kg.

“Daging sapi ya normalnya Rp110 ribu per Kg. Tapi makin ke sini, pelan-pelan naik jadi Rp130 ribu per Kg. Kadang bisa sampai Rp140 ribu. Lebaran nanti bisa aja sampai Rp160 ribu-Rp170 ribu per Kg,” kata Yudha (32), pedagang daging di Pasar Cibinong, Jawa Barat, dikutip CNNIndonesia.com, Selasa (12/4).

Pria yang sudah berjualan daging selama 9 tahun tersebut berharap harga daging bisa turun menjelang Lebaran agar bisa dijangkau oleh masyarakat.

Tak hanya itu, daging ayam juga harganya perlahan naik. Saat ini, harganya telah menembus Rp40 ribu per Kg.

“Ayam udah naik, sebelum puasa cuma Rp35 ribu per Kg,” kata Yuni (45), seorang pedagang ayam di pasar itu.

Ia mengaku kenaikan harga membuat dagangannya sepi. Terlebih, kenaikan juga terjadi di bagian ayam lainnya hingga Rp1.000 seperti ceker Rp16 ribu dan ati ampela Rp18 ribu per Kg.

Bulog Upayakan Harga Daging di Bawah 100 Ribu Cara Impor 

Sementara itu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) akan menjual daging kerbau beku dengan harga di bawah Rp100 ribu per kilogram (kg).

Daging tersebut akan dipasok melalui skema impor sebanyak 100 ribu ton.

“Impor daging pasti menurunkan harga kan, nanti yang urus daging kerbau 100 ribu ton oleh Bulog dan 20 ribu ton daging sapi oleh Berdikari. Jadi harga daging beku itu bisa di bawah Rp100 ribu per Kg,” kata Oke saat kunjungan di Pasar Cibinong dikutip CNNIndonesia.com, Selasa (12/4).

Oke berharap pasokan daging beku dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah lonjakan harga saat ini. Menurut Oke, harga daging naik karena pasokan terbatas dan harga pakan ternak meningkat.

Sumber: CNNIndonesia
Editor: Dahlan Batubara

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: