Home / Berita Nasional / Putra Mandailing Natal Ikuti Pameran Kaligrafi Internasional

Putra Mandailing Natal Ikuti Pameran Kaligrafi Internasional

PADANGSIDIMPUAN (Mandailing Online) – Salah satu putra Mandailing Natal (Madina) Drs. Mukti Hidayatullah Nasution, MM, akan mengikuti Pameran Kaligrafi Kontemporer Internasional.

Pameran yang diselenggarakan oleh Pusat pengkajian dan pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Centre) ini mengusung tema “The Power of Quran” dengan diikuti oleh 26 negara, antara lain Saudi Arabia, Kuwait, Syiria, India, Amerika, Inggris, Mesir, Lebanon, dan Indonesia.

Kepala Pusat Pengkajian Islam Jakarta KH. M. Subki, LC menjelaskan kegiatan ini diselenggarakan secara hybrid.

“Pameran Offline digelar di koridor tengah Jakarta Islamic Centre dengan menghadirkan 100 lebih karya dari seniman kaligrafi dari Indonesia dan dunia, serta pendekatan virtual 3D interaktif,” katanya mengutip laman JIC, Kamis (14/4).

Pameran yang sekaligus peringatan Nuzulul Quran ini akan berlangsung dari tanggal 15-22 April 2022.

Selama pameran, pengunjung akan disuguhkan karya-karya syarat makna bersumber dari Alquran dan hadis.

Sementara Kepala Sosial Budaya Dr. Edi Sukardi berharap program yang mempertemukan dakwah melalui karya visual kaligrafi dengan khalayak ini mampu menjadi sumber inspirasi bagi yang melihatnya.

Rencananya pameran akan dibuka oleh Wali Kota Jakarta Utara Dr. H. Ali Maulana Hakim, SIP, M.Si, pada Jumat (15/4) pukul 14.00 wib di ruang Audio Visual 1 Jakarta Islamic Centre.

Selain itu akan ada sambutan dari Ketua DPD RI H. La Nyalla Mattalitti, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif H. Sandiaga Uno serta keynote Speaker Ketua Bang Japar Hj. Fahira Idris, SE MH.

Para Seniman kaligrafer yang akan mengikuti event pameran kaligrafi kontemporer internasional ini anatara lain M. Arif Syukur, KH. Didin Sirojuddin, Badrus Zaman, Said Akram, Ilham Khoiri, Fadjar Sutardi, Agus baqul Purnomo, Drs. Mukty Hidayatullah Nst, Mr. Gori Yusuf Husein (India) Ainun Jariah Yacoob (Malaysia) Haji Noor Deen (China), dan Abu Yahya (Inggris).

Mukty Hidayatullah Nasution yang dihubungi media menyampaikan kaligrafi yang akan dditampilkan kalI ini adalah modern art dipadu ornamen Tabagsel.

“Sebagai nuansa kearifan lokal dan menggunakan media teknik campuran (mixed media on canvas) dengan ukuran 100 x 90 cm dengan judul Allohusshomad,” jelas ASN yang bertugas sebagai Pengawas SMA di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara cabang Padangsidimpuan ini.

Bagi Anda yang berminat menyaksikan pameran kaligrafi iternasional ini dapat langsung datang ke Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta atau mengakses website: www.pamerankaligrafi.com

 

Peliput: Roy Adam

Comments

Komentar Anda

Silahkan Anda Beri Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: